Bupati OKI Buka Festival Qasidah Rebana

KAYUAGUNG RADIO - Bupati Ogan Komering Ilir, H. Ishak Mekki  didampingi Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten OKI, Hj. Tartilah Ishak  membuka Festival Qasidah Rebana Tingkat Kabupaten OKI tahun 2013 di Gedung Kesenian Kayuagung, Selasa (10/9/13)
Kesenian Qasidah/Rebana menurut Ishak  merupakan media yang praktis dan persuasif untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan maupun program – program pembangunan kepada masyarakat.
“Qasidah rebana kesenian yang bernapaskan Islam patut kita lestarikan dan dorong kemajuannya karena melalui kesenian ini banyak pesan-pesan dakwah yang disampaikan kepada masyarakat karenanya kami sangat mendukung kegiatan seperti ini” Pungkas Ishak.
Sementara itu ketua LASQI Kabupaten OKI, Hj. Tartilah Ishak mengatakan sejak dibentuk tahun 2012, Lasqi Kabupaten OKI terus membina dan mengembangkan serta melestarikan kesenian tradsional yang bernafaskan islam, khsusnya Qasidah. LASQI juga menurut Tartilah merupakan wadah untuk menyalurkan aspirasi seni dilakangan seniman Qasidah di Kabupaten OKI.
“Apresiasi dan minat masyarakat terhadap kesenian qasidah/rebana ini sangat tinggi buktinya disetiap desa dan kelurahan setidaknya ada dua group. Prestasi seniman qasidah kita juga luar biasa. Tahun 2009 Kabupaten OKI pernah meraih terbaik pertama tingkat nasional, tahun 2012 lalu vokalis rebana kita asal Kec. Lempuing merupakan yang terbaik di provinsi Sumsel dan mewakili provinsi pada festival qasidah nasional dan tahun ini kita meraih juara dua tingkat provinsi” tutur Tartilah Ishak.
Festival qasidah rebana tingkat Kabupaten OKI tahun 2013 diikuti oleh 36 group rebana asal 18 kecamatan. penjurian dibagi menjadi dua kelompok yakni group qasidah rebana modern (kolaborasi) dan group rebana klasik. Masing-masing peserta terus unjuk kebolehan dihadapan para juri. Menurut ketua panitia Masliani, SH Festival ini berlangsung selama dua hari. Pemenang dari perlombaan  ini akan dikirim pada perlombaan rebana tingkat Provinsi Sumsel.  


Diberdayakan oleh Blogger.