Khasiat dan Manfaat Alami Daun Salam Bagi Kesehatan

KAYUAGUNG RADIO - Daun salam merupakan satu dari sekian banyak rempah yang kita kenal. Daun salam  dihasilkan oleh pohon salam yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum. Pohon salam ini seringkali hidup di daerah Tropis yang lembab seperti di indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari daun salam seringkali digunakan sebagai bumbu penyedap aroma masakan mengingat aromanya yang wangi dan menarik.  

Disamping manfaat daun salam sebagai penyedap aroma masakan, daun salam ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan secara alami. Daun salam diketahui mengandung beberapa zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga sangat baik bagi kesehatan, bahkan daun salam juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit.

Di dalam daun salam terdapat zat dan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6-B9. Daun salam juga diketahui mengandung antioksidan dan senyawa kimia yang tinggi seperti pinene, limonene, neral, serta catechin yang mampu mencegah perkembangan sel-sel tak normal dalam tubuh manusia. Selain itu, daun salam juga mengandung Kalori, Karbohidrat dan serat, serta Mineral yang secara alam dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat daun salam bagi tubuh

Daun salam memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat dijadikan sebagai obat beberapa penyakit, Beberapa manfaat daun salam bagi tubuh manusia tersebut antara lain :

Daun salam untuk Mengobati Penyakit diare
Daun salam dapat digunakans sebagai obat tradisional untuk mengobati diare, cara nya adalah dengan menyiapkan sekitar 20 lembar daun salam yang telah dicuci bersih, air sebanyak 2 liter, serta 2 sendok makan garam, resbuslah ketiga bahan tersebut hingga mendidih kemudian minum ramuan tersebut 3 kali sehari hingga diare anda sembuh.

Daun Salam untuk Mengobati sakit maag
Selain diare, Daun salam juga dapat dugunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit maag. Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung kita dan harus segera diatasi karena dapat fatal jika dibiarkan saja. Mengobati maag dengan menggunakan Daun salam caranya adalah: Rebus 15 lembar Daun salam dengan 2 liter air dengan menambahkan gula aren secukupnya, kemudian minumlah ramuan tersebut secara teratur.

Daun salam untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Daun salam dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Itu berarti bahwa daun salam juga secara tak langsung dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung mengingat kadar kolesterol dalam darah yang tinggi dapat mengakibatkan gangguan pada Jantung. Cara untuk memanfaatkan  daun salam sebagai obat menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan merebus sekitar 15 lembar  daun salam dengan 3 gelas air hingga mendidih, terus rebus hingga tersisa 1 gelas air daun salam tersebut kemudian minumlah ramuan tersebut secara teratur.

Daun salam untuk membantu program diet
Selain sebagai obat tradisional beberapa penyakit diatas, daun salam juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk membantu program diet Anda. Cara nya adalah dengan merebus 2 gelas air dicampur dengan sekitar 30 lembar daun salam. Rebus hingga air tersisa 1 gelas saja dan minumlah air hasil rebusan tersebut setelah dingin. Cara ini dipercaya mampu membantu program diet anda agar hasilnya maksimal.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Khasiat dan Manfaat Alami Daun Salam Bagi Kesehatan. Banyak kesalahan kami mohon maaf dan semoga artikel mengenai Manfaat daun salam ini bermanfaat.


Diberdayakan oleh Blogger.