Sering Duduk Lama, Rawan Terserang Sakit Jantung

KAYUAGUNG RADIO - Apakah Anda pekerja yang sering duduk lama di belakang meja hingga berjam-jam? Atau menumpang pesawat lama, yang membuat Anda harus duduk berjam-jam tanpa berpindah posisi? Anda harus membaca informasi penting berikut ini demi kesehatan Anda.

Dilaporkan bahwa duduk berjam-jam pada posisi yang sama membuat orang rawan terserang penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena ada penggumpalan darah pada area tubuh bagian bawah, termasuk kaki.
"Duduk di posisi yang sama terus menerus selama berjam-jam dapat menyebabkan penggumpalan darah pada kaki, dan bisa membawa bahaya tersendiri bagi kesehatan," demikian ungkap Dr Anil Bansal, seorang ahli kardiologi Columbia Asia Hospital.

Kondisi tersebut dikenal juga dengan nama DVT atau deep vein thrombosis, di mana darah menggumpal di pembuluh bagian terdalam dari kaki atau pinggul. Disebabkan karena duduk terlalu lama dengan posisi yang sama, tidak berubah. Yang kemudian menghalangi perjalanan darah ke paru-paru, disebut dengan istilah kedokteran sebagai pulmonary embolism.

Pulmonary embolism atau PE ini adalah penyumbatan arteri utama paru-paru, yang dapat menyebabkan asupan oksigen rendah pada tubuh, dan kemudian memicu serangan jantung mendadak.

Di sebuah penelitian yang dibuat oleh WHO pada tahun 2007, disebutkan bahwa perjalanan travelling yang memakan waktu berjam-jam meningkatkan resiko akan PE dan serangan jantung tersebut. Sehingga WHO menyarankan agar penumpang berpindah posisi dan sesekali berjalan-jalan untuk melancarkan peredaran darah.

Tips travelling, seperti dilansir oleh IndiaTimes:
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum duduk posisi lama
  • Ubah posisi duduk setiap 30 menit
  • Berjalan-jalan dan merilekskan tubuh saat perjalanan jauh menyetir dan beristirahat
  • Cukup minum air agar tubuh tidak dehidrasi
  • Selalu membawa obat-obatan yang cukup, terutama yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan jantung.



Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.