Gula Merah, Gula Alami Kaya Manfaat

KAYUAGUNG RADIO - Menu masakan jaman dahulu, banyak yang menggunakan gula merah untuk memberikan rasa manisnya. Kalau dibandingkan dengan gula pasir, memang jauh kalah manis ya. Gula pasir sedikit saja sudah memberikan rasa manis pada makanan atau minuman.

Tetapi tahukah Anda justru itulah yang merupakan kelebihan gula merah?
Gula yang rasanya tidak seberapa manis ini justru merupakan pemanis alami yang sehat dan kaya manfaat. Bahkan, ia memiliki manfaat kesehatan seperti mengatasi anemia, asma, kejang otot, kram akibat menstruasi, problem pencernaan, membersihkan darah, dan mencegah peradangan pada kulit yang menyebabkan komedo dan jerawat.

Lebih detail lagi, inilah manfaat kesehatan gula merah.

Membersihkan darah
Manis tetapi tidak membuat darah Anda teracuni oleh bahan-bahan kimia berbahaya. Justru gula merah ini berperan sebagai agen yang membersihkan racun-racun dari darah Anda.

Membantu mengatasi problem pencernaan
Gula merah selain membantu mendetoks darah juga akan mendetoks pencernaan. Tambahkan sedikit gula merah pada teh, susu, atau minuman Anda yang lain untuk melancarkan pencernaan Anda.

Mengatasi sariawan
Sariawan atau panas dalam seringkali dialami banyak wanita maupun pria, mulai anak-anak hingga dewasa. Saat panas dalam, biasanya nenek moyang menyuguhkan segelas kunyit asam yang dimasak dengan menggunakan gula merah. Kunyit di sini berfungsi mencegah peradangan, sedangkan gula merah berfungsi mendinginkan suhu tubuh yang meningkat akibat sariawan.

Mencegah anemia
Mengonsumsi gula merah juga membantu mencegah anemia. Sebagai sumber zat besi yang baik, gula merah mengatasi problem anemia terutama pada saat menstruasi.

Mencegah jerawat
Gula merah juga mencegah problem kulit seperti komedo dan jerawat. Manisnya tidak menyebabkan peradangan pada kulit, sehingga aman untuk dikonsumsi bila Anda mendambakan memiliki kulit yang lembut dan bersih.

Menyembuhkan batuk dan demam
Karena memiliki sifat mendinginkan, gula merah juga boleh dikonsumsi ketika sedang batuk kering dan demam. Diseduh atau dicampurkan pada menu makanan, gula merah membantu mengencerkan dahak dan membuat batuk segera reda.

Mencegah asma
PAsien asma dianjurkan untuk mengonsumsi gula merah dan mengurangi gula pasir. Saat temperatur tubuh terjaga, asma bisa diatasi dan tidak mudah kambuh. Selain itu, gula merah juga memiliki sifat anti alergi.

Meredakan nyeri saat menstruasi
Sesekali kram dan nyeri pada perut akan membuat wanita merasa kesakitan saat sedang menstruasi. Dengan mengonsumsi kunyit asam yang diseduh menggunakan gula merah, maka nyeri perut ini bisa diredakan.
Harga gula merah ini memang kalau dihitung-hitung jauh lebih mahal ketimbang gula pasir. Namun yang jelas, efek kesehatannya juga lebih terasa.


Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.