Softlens Warna dan Bergambar Bisa Merusak Mata Hingga Operasi

KAYUAGUNG RADIO - Semakin hari, softlens menjadi barang yang paling banyak dibeli. Pemakainya tidak hanya mereka yang punya masalah minus atau silinder, karena berbagai softlens warna dan bergambar dapat digunakan semua orang. Walau keren, ternyata ada bahaya besar di balik lensa kontak berwarna dan bergambar.

Bisa Menyebabkan Kerusakan Serius Pada Mata
Harga murah, tidak perlu resep dokter, mudah memakainya dan praktis, membuat penampilan lebih cantik, tidak heran jika softlens banyak diburu, terutama wanita muda. Lihat saja, makin banyak softlens warna dijual, makin banyak softlens bergambar bintang, kartun dan sebagainya. Memang sih keren, namun ahli kesehatan mata memberi peringatan bahwa softlens seperti ini memiliki bahaya besar.

Dilansir oleh Huffingtonpost.com, American Academy of Ophthalmology memperingatkan konsumen bahwa softlens bisa menyebabkan kerusakan serius pada mata. Banyaknya penjual softlens tanpa resep di online shop juga memperparah keadaan ini. Banyak orang mengalami lecet pada kornea, brok pada mata bahkan infeksi mata keratitis.

Kerusakan Parah Harus Transplantasi Kornea Mata
Jika kerusakan parah sampai terjadi, para pasien bahkan ada yang sampai menjalani transplantasi kornea mata dan operasi. Dengan demikian, kebutaan akibat penggunaan softlens warna atau bergambar bisa dicegah. Yang parah, kerusakan ini bisa terjadi sangat cepat setelah pemakaian softlens.

"Apa yang terjadi pada mata orang-orang hanya satu malam setelah pemakaian lensa kontak, atau setelah memakai lensa kontak warna/bergambar tanpa resep dokter," ujar Dr. Thomas Steinemann, juru bicara American Academy of Ophthalmology.

Sang dokter menyarankan bila Anda memang ingin menggunakan softlens (walaupun mata Anda normal), mintalah resep dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan merek softlens yang sudah memiliki izin dan lebih aman ketimbang softlens yang dijual bebas.



Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.