Trik Mengurangi Porsi Makan Tanpa Harus Diet

KAYUAGUNG RADIO - Kesehatan sangatlah penting dan harus jadi prioritas bagi banyak orang. Termasuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan bugar. Banyak orang memilih jalan dengan diet dan pergi ke gym, yang sayangnya tak semua orang bisa mengikutinya.

Pun demikian, Anda harus tahu bagaimana cara menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap ideal tanpa harus diet ketat mati-matian. Menjaga dan mengurangi porsi makan, misalnya, bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Bagaimana cara mengurangi porsi makan tanpa harus diet dan tak bikin badan lemas? Ada cara dan triknya.

Kurangi porsi

Jika Anda biasa makan 1 porsi, maka kurangi 1/4 porsinya menjadi 3/4. Jangan keburu mengurangi menjadi setengah porsi karena akan menyiksa dan membuat Anda cenderung makan lebih banyak. Perlahan saja dan Anda akan terbiasa mengonsumsi makanan dengan porsi kecil.

Tukar piringnya

Pakai piring atau mangkuk dengan ukuran yang lebih kecil. Ukuran besar akan membuat Anda mengambil dalam porsi berlebihan. Sedangkan piring atau mangkuk berukuran kecil secara otomatis membuat Anda mengurangi porsi makanan Anda.

Konsentrasi

Pastikan Anda tidak makan sambil melakukan kegiatan lain seperti nonton televisi, membaca, atau bermain ponsel. Fokuskan pada makanan Anda sehingga Anda merasa puas dan Anda sadar saat Anda kenyang.

Minum air

Terkadang tubuh salah membaca sinyal, yang seharusnya Anda haus, Anda mengiranya lapar. Sehingga kemudian Anda makan sebanyak mungkin dan sudah merasa kenyang di suapan kedua. Namun karena alasan tak ingin sakit, Anda melanjutkan dan menghabiskan makanan Anda.

Simple sebenarnya, Anda hanya haus dan membutuhkan minum, bukan makanan.

Jangan terburu-buru

Pastikan Anda benar-benar menikmati setiap suapan makanan Anda. Jangan terburu-buru karena hanya akan membuat Anda lebih mudah lapar. Selain itu, mengunyah perlahan akan membuat pencernaan Anda lebih mudah mencerna makanan. Membuatnya pecah menjadi zat yang lebih kecil sehingga bisa diserap yang dibutuhkan saja.

Hindari makanan kemasan

Makanan kalengan atau kemasan punya banyak kalori yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengurangi berat badan, lebih baik hindari makanan tersebut. Pilihlah makanan-makanan segar atau buah-buahan segar.Selain itu, pastikan Anda berolahraga, tidur cukup, serta hindari makan di atas jam 9 malam. Selamat melangsing.
 
 
Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.