Cara Ampuh Mencegah Serangga Atau Lalat Masuk Rumah

KAYUAGUNG RADIO - Beberapa orang sangat khawatir jika ada lalat atau serangga yang memasuki rumah. Terutama di dapur atau ruang makan. Memang hewan jenis ini bukan sepatutnya jika berada di rumah Anda. Selain bisa membawa penyakit, binatang ini akan membuat sarang dan berkembang biak jika Anda tidak mengusirnya. Berikut cara mudah melindungi rumah Anda dari serangan lalat atau serangga versi home.howstuffworks.com.

Kunci pintu

Perhatikan pada sela pintu Anda, ketika terkunci apakah masih ada celah untuk lalat atau jenis hewan kecil lainnya untuk masuk ke ruangan Anda. Berikan tambahan pada pengunci pintu untuk menghindari lalat atau serangga masuk sepanjang celah pintu. Jika Anda memiliki anak kecil yang sering lupa menutup pintu, sebaiknya atur pintu Anda untuk menutup secara otomatis setelah dibuka. Anda bisa mendiskusikan ini dengan interior stylist Anda.

Lindungi ventilasi

Bintang kecil biasanya juga dapat masuk melalui celah ventilasi rumah Anda. Jika Anda lebih suka banyak ventilasi di rumah, sebaiknya Anda menambahkan jaring-jaring dengan diameter yang sangat kecil untuk mengantisipasi binatang tersebut merayap masuk ke dalam rumah. Dengan menggunakan jaring-jaring ini Anda tetap bisa menghirup udara segar dari luar tanpa takut lalat ataupun serangga akan masuk ke rumah Anda.

Bersihkan halaman

Usahakan untuk merapikan atau membersihkan halaman Anda setiap minggu. Terutama saat musim hujan kan banyak sekali tempat-tempat pada halaman Anda yang tergenang air. Buatkan saluran air agar nyamuk tidak berkembang biak di sana. Sampah dedaunan yang menumpuk atau daun yang gugur secepatnya perlu Anda singkirkan. Selain membuat halaman terlihat lebih bersih dan rapi, hal ini juga akan mengurangi populasi binatang merugikan yang berasal dari halaman rumah Anda.

Perbaiki retakan

Periksa bagian rumah Anda, jika Anda menemukan retakan segera tambal celah tersebut. Misal retakan yang terjadi pada jendela kayu Anda. Berikan plaster atau perekat agar binatang mikroskopis tidak dapat masuk pada rumah Anda.

Bersihkan

Bagaimanapun Anda mencoba melindungi rumah Anda dari lalat atau serangga, usaha Anda akan tetap gagal jika hal-hal yang membuat binatang tersebut betah di rumah Anda tidak dihilangkan. Misal sampah sisa makanan yang menumpuk di dapur, makanan basi, atau sisa makanan yang tercecer di beberapa tempat. Usahakan untuk meletakkan makanan di tempat khusus dalam satu ruangan. Sehingga Anda akan mudah membersihkan.

Predator alami

Tak ubahnya di hutan yang luas, setiap binatang mempunyai predator yang ditakuti. Misal Anda bermasalah dengan banyaknya nyamuk di rumah, Anda bisa membiarkan cicak untuk masuk ke rumah dan memangsa binatang pembawa demam berdarah. Meskipun hal ini kurang efisien, tetapi ada baiknya jika Anda mencobanya.

Bagaimana apakah Anda siap mencoba tips ini?



Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.