Khasiat Tomat Untuk Kecantikan

KAYUAGUNG RADIO - Biasanya saat pergantian musim, kulit juga terkena dampaknya. Entah itu kering, mengelupas, berminyak atau berjerawat. Ada saja masalah yang membuat kecantikan jadi kurang maksimal.
Tapi tenang saja, karena ada pengobatan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi aneka jenis problem kulit. 

Anda tentu mengenal tomat bukan? Bahan makanan yang disebut buah sayur ini bisa dinikmati sebagai buah segar maupun sebagai sayur atau bumbu penyedap masakan. Tomat memiliki zat alami berupa antioksidan yang bermanfaat merawat kulit Anda.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat tomat yang bisa Anda petik dan nikmati.

Mengecilkan pori-pori

Coba bercermin, apakah pori-pori Anda termasuk besar?

Biasanya memang apabila memiliki jenis kulit berminyak, maka pori-pori akan menjadi terbuka dan besar. Di dalamnya banyak kotoran serta minyak yang menumpuk, dan tak jarang timbul jerawat di sana.

Aplikasikan campuran tomat dan sari lemon serta oleskan dengan bola kapas pada seluruh wajah. Diamkan sebagai masker kemudian bilas dengan air dingin.

Mengurangi jerawat

Jerawat memang tak bisa disembuhkan dengan cara yang instant. Namun jangan khawatir karena ia dapat dikurangi dengan cara alami yaitu menggunakan buah tomat. Aplikasikan saja tomat pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin, dan boleh dilakukan setiap hari.

Mengurangi kadar minyak

Kandungan minyak berlebih di wajah dapat membuat Anda kurang percaya diri, dan juga memicu jerawat. Mengurangi kadar minyak berlebih ini, massagekan sari tomat yang sudah dicampur dengan sari lemon pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin.

Mengurangi kemerahan pada luka bakar

Sama halnya dengan jerawat, luka bakar tidak bisa disembuhkan instant. Anda dapat menyembuhkan dan mengurangi kemerahan akibat luka bakar sinar matahari dengan menggunakan masker tomat. Masker ini memberikan efek pendinginan dan mengobati luka bakar perlahan.

Mencerahkan kulit

Tomat dapat mengembalikan kulit cerah Anda apabila dijadikan masker. Aplikasikan saja secara rutin pada seluruh kulit atau bagian yang Anda inginkan.

Penyegar alami

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, tomat dapat berperan sebagai penyegar alami. Sifatnya manis, menyegarkan dan membersihkan kulit dengan maksimal.

Membuat kulit berkilau

Mendapatkan kulit berkilau dan bercahaya Anda cukup menggunakan jus tomat yang dicampur dengan air mawar dan bubuk kayu manis. Aplikasikan dan scrub pada seluruh bagian kulit, dan miliki kulit indah berkilau.

Tidak sulit juga kan memanfaatkan si buah merah menggemaskan yang satu ini untuk perawatan kecantikan kulit?



Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.