Sidak Pasar Tradisional Kayuagung, Tim Temukan Tahu Berformalin Hingga 200 ml gram

KAYUAGUNG RADIO - Sidak yang dilakukan oleh Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), Kepolisian dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), temukan bahan makanan mengandung borak dan formalin di Pasar tradisional Kota Kayuagung, Jum'at (27/6/2014).

"Dari sidak yang kita lakukan, kami menemukan bahan makanan tahu dan mie basah yang mengandung bahan formalin. Tahu putih dan mie yang dijual oleh pedagang tersebut langsung kita periksa dan berdasarkan pemeriksaan, diperoleh hasil tahu tersebut mengandung formalin hingga 200 ml gram," ujar Kepala Dinas Kesehatan, M Lubis.

Tidak hanya berdasarkan pemeriksaan, secara kasat mata, terangnya, tahu yang dijual oleh Joko (35) salah seorang penjual tahu, tidak dikerumuni lalat. "Tidak ada lalat atau serangga lain yang hinggap, jelas itu ciri-ciri lainnya," katanya.

Sementara itu diakui Joko, kalau dia tidak tahu menahu bila barang dagangannya mengandung formalin. Pasalnya, dia hanya pedagang yang tidak tahu-menahu soal itu.

Sementara itu,Kepala Disperindagkop Herry Susanto SSos yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi Bidang Pengawasan Pasar, M Tegus dan Jaka Wisnu serta didampingi pihak kepolisian dari Polres OKI, Bripka, Yudi Candra mengatakan, tindakan yang kita lakukan ini baru sebatas teguran atau hanya mengintruksikan untuk tidak dijual, tidak sampai melakukan penyitaan barang dagangan.


"Jika saat kita melakukan sidak kembali dengan waktu yang tidak titentukan. Apa bila mereka masih menjual tahu dan mie yang mengandung bahan formalin akan kita proses secara hukum, ‎dengan dikaitkan undang-undang kesehatan dan jika ada korban akan kita kaitkan dengan undang-undang perlindungan konsumen dengan pidana diatas 5 tahun penjara," ujarnya.

Tidak hanya tahu dan mie basah yang menjadi sasaran pemeriksaan petugas, sebelumnya tim gabungan ini telah memeriksa beberapa mini market yang berada di Kota Kayuagung. Hasil dari pemeriksaan petugas banyak menemukan jajanan dan makanan yang sudah kadaluarsa.
Diberdayakan oleh Blogger.