“Tunjukin Donk” : Idealisme, Komersialisme, Romantisme dari ‘jA!

KAYUAGUNG RADIO - Pada tahun 2008, Tius (ex-Saintloco) menciptakan sebuah side-project bersama Magi (/rif). Proyek itu diberi nama ‘jA!. Tius bertindak gerilya sebagai vokalis sekaligus gitaris ‘jA!, sedangkan Magi, yang selama ini dikenal sebagai drummer band rock ternama, /rif, kembali bertugas menjadi penggebuk drum untuk band ini. Beberapa tahun sempat fakum, ‘jA! akhirnya kembali ke industri musik. ‘jA! resmi bergabung di Universal Music Indonesia dan merilis single ‘Tunjukin Donk’ pada 6 Mei 2014. 


“Saat itu kami lagi pengen bikin band yang musiknya rock tapi ringan dan tema lagunya lucu dengan bahasa yang sederhana,” kenang Tius ketika ditanya mengenai asal mula dibentuknya ‘jA!. Kemudian lagu “Tunjukin Donk” diciptakan oleh Tius sekitar 1 tahun setelah ‘jA! terbentuk. Sedangkan bagi Jan Djuhana, ‘jA! adalah tipikal band yang seimbang antara segi idealisme dan komersilnya. “Saya tertarik dengan ‘jA! itu karena mereka (read: Tius dan Magi) mikirin juga segi komersil di materi mereka,” jelas A&R Director yang biasa disapa Pak Jan tersebut. “Dan mereka juga masing-masing udah punya experience, untuk skill bermusik tidak meragukan lagi,” tambahnya.

Materi lagunya sendiri menurut Pak Jan memiliki keunikan sendiri. “Musiknya rock, tapi menurut saya materinya masih bisa diterima oleh orang banyak”, kata Pak Jan. Bahkan menurutnya, refrain lagu “Tunjukin Donk” mirip dengan lagu Koesplus di era awal tahun 70-an. Jika diluar sana banyak band rock sejenis dengan lagu yang bercerita tentang isu social, maka ‘jA! mengambil tema besar cinta sebagai sarana mereka menulis lagu dengan harapan dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat banyak. “Lagunya becerita tentang pasangan yang ingin mendapatkan kekeasih yang sepenuh hati berkomitmen,” sambung Tius sembari tertawa.
Diberdayakan oleh Blogger.