"ANTEPKEUN" Single Terbaru 5Romeo

KAYUAGUNG RADIO - Hampir dari semua kalangan tentunya familiar dengan Let It Go. Lagu ini menjadi fenomenal sejak pertama kali diperkenalkan sebagai soundtrack dari film animasi Disney berjudul Frozen. Aslinya Let It Go dinyanyikan dalam dua versi yaitu oleh Indina Menzel dan Demi Lovato. Seiring dengan kepopuleran filmnya, lagu ini memperoleh beberapa prestasi, hingga puncaknya ketika berhasil memenangkan nominasi Best Music (Original Song) pada Piala Oscar 2014 lalu. Uniknya, banyak musisi yang kemudian menerjemahkan lagu Let It Go dengan beberapa versi bahasa masing-masing negaranya. Hal inilah yang menginspirasi 5Romeo untuk merilis lagu berjudul “Antepkeun” pada tanggal 9 September 2014.
 

Berawal dari iseng-iseng, Rizky “Pepew”, salah satu personil 5Romeo yang mendengar lagu Let It Go dalam versi bahasa lain mendapatkan ide untuk mencoba membuatnya sendiri dalam versi bahasa daerah Indonesia. Rizky yang kebetulan merupakan orang Sunda dan menguasai sedikit bahasa daerahnya, akhirnya merekam lagu itu dalam Bahasa Sunda, memberikannya judul “Antepkeun”. Terjemahan lirik Let It Go disadur sendiri oleh Rizky,

meski dengan sedikit modifikasi agar terdengar lebih menarik. “Setelah saya upload lagu ini di Soundcloud, banyak sekali respon yang diberikan untuk lagu ini, banyak yang me'repost' sehingga tersebar di dunia maya.” kata Rizky. 

Pihak label 5Romeo saat itu melihat fenomena tersebut dan memberikan kesempatan untuk merekamnya dengan izin penuh dari Disney untuk dinyanyikan bersama 5Romeo. Secara musikalitas, ada beberapa perbedaan antara original Song Let It Go dengan Antepkeun. Pertama, nada dasar lagu Antepkeun berpindah menjadi nada yang aman untuk dinyanyikan oleh laki-laki dan sedikit modifikasi di bagian liriknya. Meski lagu aslinya dinyanyikan oleh wanita, 5Romeo mengaku tidak mengalami kesulitan berarti dalam merekam ulang lagu ini karena sudah disesuaikan dengan range vocal masing-masing personil. Kemudian, untuk aransemen, Pak Jan Djuhana menjelaskan bahwa ada beberapa part yang ditambahkan dengan nuansa lokal. “Versi Sunda-nya 5romeo ini sangat asyik. Saya juga minta aransemennya ada warna-warna sundanya. Itu penting, karena marketnya sendiri sekitar Jawa Barat.”
 
Diberdayakan oleh Blogger.