Kodim 0402 OKI Kerahkan 200 Personil Kelokasi Kebakaran

KAYUAGUNG RADIO - Kebakaran lahan dan hutan Kab. OKI dan OI yang menyebabkan kabut asap sehingga berdampak terhadap kesehatan dan aktifitas masyarakat umum baik di Kab. OKI dan OI juga berdampak terhadap kota Palembang yang mana pada tanggal 23 - 27 September 2014 menjadi tuan rumah MTQ Internasional serta berpengaruh terhadap tranfortasi baik darat, laut maupun udara. maka berdasarkan Surat Telegram Danrem 044/Gapo tanggal 20 September 2014 Kab.OKI dan OI menjadi daerah operasi Penanggulangan Bencana Asap. 

Guna memadamkan Api yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Komando distrik Militer (Kodim)0402 OKI terjukan 200 personil yang terdiri 1 SSK Kodim 0402 dan 1 SKK BKO Yonif 141/AJP Muara Enim ke lokasi yang terbakar di beberapa Kecamatan yaitu Kecamatan Mesuji, Kecamatan Tanjung beringin, Kecamatan Pedamaran, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kecamatan Cengal,Kecamatan Indralaya selasa (23/9)

Letkol Inf M.Arif Suryandaru mengatakan saat ini Kab. OKI dan OI menjadi daerah Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang mana TNI-AD dalam hal ini Korem 044/Gapo telah memberikan tenaga BKO dari Yonif 141/AYJP sebanyak 1 SSK untuk membantu anggota Kodim 0402/OKI dalam penangulangan bencana asap, dengan mendapat tambahan pasukan kini tenaga yang diturunkan untuk menangulangi bencana asap menjadi 2 SSK (1 SSK Kodim 0402/OKI dan 1 SSK Yonif 141/AYJP) yang tergabung dalam Subsatgas Darat II. 

Dandim 0402 OKI saat diwawancarai reporter kayuagungradio mengatakan Pasukan sudah mulai bekerja memadamkan api, antara lain di Desa Tanjung Beringin Kec. Tanjung Lubuk, Desa Kayu Labu dan Pulau Geronggang Kec. Pedamaran Timur, Desa Pagar Dewa Kec. Mesuji, Desa Riding Kec. Pangkalan Lampam dan Desa Simpang Tiga Kec. Tl Selapan Kab. OKI serta di Desa Sungai Rambutan Kec. Indralaya Utara dan Desa Muara Baru Kec. Pemulutan Barat Kab.OI. dan pada hari ini juga Dandim melaksanakan pemantauan udara mengunakan hellicopter yang difasilitasi oleh PT. Bumi Andalas Permai dalam hal ini diwakili oleh pak Sapto Nurlistio, waktu operasi 1 bulan dan dapat diperpanjang sesuai perkembangan situasi.

Menurutnya dengan diterjunkan anggota ini diharapkan akan bisa memadamkan api yang ada diwilayah OKI, dan OI yang mana diketahui untuk wilayah OKI masih terdapat 31 titik api yang belum dipadamkan, maka dengan anggota kodim diterjunkan kelapangan akan bisa mengatasi kebakaran lahan. 

“Anggota TNI yang kita terjunkan selain untuk memadamkan api yang ada diwilayah OKI dan OI , anggota juga akan memberikan arahkan dan ajakan kepada masyarakat agar jangan membuka lahan dengan membakar, serta mengajak masyarakat untuk mejaga lahan jangan sampai kebakaran. 

Diberdayakan oleh Blogger.