PDAM Tirta Agung OKI Jamin Pasokan Air Lancar

KAYUAGUNG RADIO - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), menjamin pasokan air ke pelanggan selama musim kemarau tetap berjalan lancar tanpa adanya kendala. 

Direktur Utama PDAM Kayuagung, Abdul Kohar SM HK, melalui Direktur Didang Umum, Banarianto didampingi Direktur Teknik, Maladi‎, mengatakan Masyarakat atau pelanggan PDAM tidak perlu khawatir terhadap pasokan air ketika musim kemarau berlangsung. Meski sumber air surut, produksi akan tetap berjalan seperti biasanya," kata (4/11/2014). 

Masih menurutnya, justru pada saat musim kemarau PDAM akan banyak menghemat biaya dalam pengolahan produksi air bakunya, sebab tidak memerlukan tanah kaolin ketika melakukan penjernihan air. 

"Ketika musim kemarau tiba, persedian air baku PDAM tetap diantisipasi, sekalipun memasuki musim kemarau panjang, namun sebaliknya apabila terjadi banjir terkadang air PDAM bisa menjadi keruh akibat terbawa plug air lainnya," katanya. 

Selain itu, pihaknya juga akan berusaha akan terus memperluas jaringannya di setiap kawasan setempat untuk kepentingan masyarakat dalam mendapatkan fasilitas air bersih. 

"Kami mengakui bahwa saat ini jaringan PDAM masih belum mencakup seluruh kawasan di OKI, namun perluasan jaringan itu pasti akan dilakukan setiap tahun atau ketika anggarannya tersedia," ungkapnya sambil menambahkan pada tahun ini telah melukan perluasan jaringan perpipaan di Desa Serigeni Kecamatan Kota Kayuagung, Desa Bungin Tinggi Kecamatan SP Padang dan Desa Kandis Kecamatan Pampangan, dengan instalansi pengolahan air mulai dari 10 liter hinga 60 liter perdetik. 

Ia juga menambahkan bahwa perluasan jaringan itu juga harus diperhitungkan dari potensi jumlah masyarakatnya, apabila memang banyak yang memerlukan maka dapat menjadi prioritas pemasangan sambungan baru PDAM. 

Saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakan air tanah bukan hasil produksi PDAM. Berdasarkan penelitian, kandungan kadar besi pada air tanah cukup tinggi sehingga kemungkinan bisa merusak kesehatan kalau dikonsumsi dalam jangka panjang. 

"Kalau air PDAM sudah berdasarkan hasil pengolahan yang disaring menggunakan bahan tertentu sehingga terjamin kualitas kebersihannya," katanya. 

Banarianto juga menghimbau kepada masyarakat ataupun pelanggan, apabila ada keluhan maupun pelayanan PDAM yang dirasa kurang memuaskan, segera melaporkan ke pihak PDAM agar bisa ditindaklanjuti.
Diberdayakan oleh Blogger.