Pemerintah OKI kembali Bagikan 6.500 Masker

KAYUAGUNG RADIO - Agar terhindar dari dampak kabut asap yang belakangan ini masih menyelimuti wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), murid sekolah dasar (SD) mendapat masker gratis dari pemerintah setempat. Pembagian 5.000 masker gratis ini dilakukan langsung Wakil Bupati (Wabup) OKI, HM Rifa'i SE didampingi Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKm MKes, bertempat di Perkomplekan SD di Jalan Letnan Marzuki Jahri Kayuagung, Selasa (4/11/2014) pagi.

Menurut Wabup, walaupun saat ini titik api di wilayah OKI menurun, bukan berarti kita terhindar dari bahaya kabut asap, karena pelajar SD yang setiap harinya beraktifitas di pagi hari sangat rentan mengidap penyakit ISPA. "Mereka ini setiap pagi ke sekolah dan kebanyakan tidak menggunakan masker, ini sangat rawan bagi kesehatan pelajar-pelajar ini. Untuk itu, pemerintah berinisiatif untuk membagikan masker secara gratis kepada pelajar," ujar Wabup ketika di wawancara disela-sela kegiatan pembagian masker.

Mengapa hanya pelajar SD, menurut Wabup, pelajar SD yang rata-rata usianya masih relatif muda sangat rentan terserang ISPA jika setiap hari mereka menghirup udara yang tidak sehat. "Inikan mendesak, jadi pelajar SD kami dahulukan. Kalau nanti memang kondisinya memungkinkan maka pelajar SMP dan SMA juga kita berikan masker juga, hal ini demi kesehatan bagi mereka semua," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis mengaku saat ini penderita ISPA di wilayah OKI menurun jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. "Mulai Juni, Juli dan Agustus jumlah penderita ISPA di OKI terjadi peningkatan, puncaknya terjadi di bulan September 2014 yang mencapai 5.000 penderita. Namun sejak Oktober kembali menurun drastis," pungkasnya.

Dikatakannya, kegiatan pembagian masker tersebut bekerjasama dengan RSUD Kayuagung. "Sebelumnya kita bersama RSUD Kayuagung juga telah beberapa kali membagikan masker gratis kepada masyarakat. Kali ini sasaran kita pelajar khususnya SD yang sangat rentan terserang ISPA," katanya seraya mengatakan, pihaknya juga telah mengintruksikan kepada pimpinan puskesmas di seluruh wilayah OKI untuk membagikan masker kepada masyarakat yang berada di wilayahnya masing-masing. ‎
Diberdayakan oleh Blogger.