728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 07 Januari 2015

Dinas Kesehatan Kab OKI Telah Melakukan Pemberian Obat Masal Pencegahan Filariasis Tahap kedua

KAYUAGUNG RADIO - Penyakit kaki gajah adalah penyakit menular kronis yang disebabkan oleh cacing (Mikrofilaria) yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Penyakit ini dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, kantong buah zakar, payudara dan kelamin wanita 

Untuk mencegah terjangkitnya penyakit filariasis atau yang dikenal dengan penyakit kaki gajah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui DinasKesehatan (Dinkes) Melakukan kegiatan Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) seluruh wilayah Kabupaten OKI yang disebarkan melalui Puskesmas Puskesmas atau pos kesehatan yang tersebar diwilayah OKI. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) OKI M Lubis Skm melalui Kabit P2PL Linda Asmarani SKM yang didampingi Kasi Pemberantasan Penyakit Dian Eka Sari Damayanti SKM mengatakan, Penyakit ini merupakan penyakit menular yang cara penularannya melalui gigitan nyamuk yang diserang terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening dan ini menimbulkan kecacatan pembengkakan kepada tangan dan kaki dan akibatnya menurukan produtivitas. 

Pada hasil survey di wilayah OKI sejak tahun 2013 ditemukan 8 orang terkena filariasis dan ditahun 2014 ini ditemukan 1 kasus penderita.dimana penderita pada tahun ini yang merupakan masyarakat datangan dari daearah lain. 

“Pemberian Obat Filariasis ini juga dilakukan dengan diberikannya kesekolah sekolah dan dibagikan kepada setiap siswa siswi yang ada disekolah tersebut.”ungkapnya 

Linda menambahkan pemberian obat masal pencegahan Falariasis tahun ini merupakan sudah tahun kedua. Dengan tujuan Indonesia bebas kaki gajah 2020, maka untuk mencegah dan membrantas kecacatan akibat filariasis dan penderita. 

Sementara itu Kasi Pemberantasan penyakit Dian eka Sari Damayanti SKM mengajak masyarakat umumnya yang ada di Ogan Komering Ilir untuk bersama –sama mengikuti acara pencanangan eliminasi filariasis melalui minum obat bersama tahun pertama dan tahun ke dua ini dengan harapan penyakit filariasis atau kita kenal dengan penyakit kaki gajah di Kab OKI bisa kita cegah. 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dinas Kesehatan Kab OKI Telah Melakukan Pemberian Obat Masal Pencegahan Filariasis Tahap kedua Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio