728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 09 Januari 2015

Harga Cabe Di Pasar Kayuagung Masih Tinggi

KAYUAGUNG RADIO - Harga komoditas kebutuhan pangan di Kabupaten Ogan Komering Ilir terus mengalami peningkatan. Salah satunya termasuk harga cabe yang mencapai Rp 80 ribu per kilogram (kg), hingga hari ini. 

Harga beragam jenis cabai telah mengalami kenaikan sejak beberapa pecan ini yang sebelumnya mencapai 110 ribu per kilogram dan mengalami penurunan hingga 95 ribu perkilogram dan hingga kini bertahan hingga harga 80 ribu per kilogram. 

Kepala Disperindagkop Kabupaten OKI Herri Susanto S, Sos mengatakan kenaikan harga cabe dikarnakan pasokan yang sekarang kurang dan para petani yang menanam cabe mengalami hambatan yang diantaranya musim kemarau kemarin dan kini dikarnakan hujan yang cukup tinggi hingga lahan utuk menanam cabe tergenang dan petani belum banyak menanam cabe. 

"Pasokan kurang, bikin harga jual di pasar Kayuagung mengalami kenaikan , hujan terus-menerus selama hampir satu bulan ini menyebabkan stok terganggu, ditambah dua hari ini. 

Kenaikan harga ini juga membuat aktivitas di pasar naik-turun dan dikeluhkan sejumlah pedagang harus mengeluarkan modal yang besar untuk membeli barang. Sementara,konsumen terbebankan dengan tingginya harga barang. 

Salah satu pedagang cabe dipasar kayuagung mengatakan dengan sedikitnya pasokan dan tingginya harga jual cabe ini membuat hasil penjualan sekarang ini turun, yang biasanya dalam satu hari bisa terjulan 40 kilogram sekarang hanya 20 kilogram perhari. 

Salah satu pedagang yang lain mengatakan dari sebelum harga cabe tinggi penjualan cabe tidak sulit, namun sekarang untuk menjual cebe 2 kilogram bisa dua hari. 

Sementara salah satu petani cabe Anton mengatakan untuk menanam cabe sekarang ini masih terkendala air yang mana diketahui untuk hujan sekarang cukup tinggi, yang mana sebelumnya untuk penanaman cabe terkendala dengan musim kemarau dan sekarang kita terkendala musim penghujan. 

Anton menambahkan selain terkendala dengan musim kita juga terkadang terkendala masalah bibit cabe, tidak jarang para petani cabe sudah menanam namun hasilnya tidak banyak. 

Sementara itu salah satu pembeli wawan mengatakan dengan kenaiakan harga cabe sekarang ini membuat pengurangan pembelian cabe, disisi lain cabe yang memang kebutuhan yang harus dipenuhi dengan kenaikan harga cabe sekarang ini diharapkan tidak lama.dan harga cabe bisa setabil seperti biasa. 








  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Harga Cabe Di Pasar Kayuagung Masih Tinggi Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio