728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 27 Januari 2015

Kapolda Sumsel Meresmikan1000 Kentongan Buat Desa Siaga

KAYUAGUNG RADIO - Kapolda Sumateta Selatan (Sumsel) Irjen Pol Prof Iza Padri SIk SH meresmikan aksi 1000 kentongan dan pengukuhan desa siaga Kamtibmas di Desa Gedung Rejo Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (27/1). 

Kentongan tadi, dibagikan seluruh rumah tangga di Desa Gedung Rejo yang didahului Kapolda Sumsel diikuti Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat SIk dan Bupati OKI Iskandar SE dan diikuti oleh seluruh masyarakat dan para tamu undangan yang hadir. Gentongan sebelum dibunyikan, kapolda sempat menyebutkan, bahwa gentongan merupakan warisan dari nenek moyang yang merupakan alat komunikasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar, sesuai dengan berbagai macam irama kentongan untuk menunjukan suatu tujuan. 

“Saya berikan apresiasi kepada masyarakat atas inisiatipnya dalam pembentukan desa siaga kamtibnas,” kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Iza Padri SIk SH seraya berucap terbentuknya desa siaga kamtibnas di Desa Gedung Rejo ini merupakan kesadaran dari masyarakat dalam memberikan situasi yang aman dan kondusif di wilayahnya sendiri, karena keamanan yang dapat memberikan rasa aman serta kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Ditambahkan Kapolda, kepolisian ini adalah lembaga yang bertindak sebagai tim seperti tim sepak bola yang harus berani maju mundur. Untuk itu, polisi juga seperti itu. Dan ini harus bekerja sama yang baik dengan masyarakat. “Polisi harus berani bertindak sebagai tim sepak bola yang harus berani maju mundur,” tutur Kapolda Sumsel yang sebelumnya sempat dihibur oleh tarian Kamtibmas dipersembahkan oleh siswi SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung.

Kapolres OKI, AKBP Erwin Rachmat SIk mengatakan, kegiatan ini merupakan murni inisiatip dari masyarakat, sehingga Polres OKI dan pihak keaman sangat mendukung sekali dengan adanya pembentukan desa siaga kamtibnas ini. Sehingga akan kami bina dan dukung program dari masyarakat ini. “Untuk mendukung desa siaga pihak kepolisian akan mendukung dengan terus berpatroli baik menggunakan sepeda, sepeda motor, dan mobil patroli.

Bupati OKI Iskandar SE mengatakan, akan menganggarkan mobil patroli kepada Polsek Mesuji Raya dan juga akan menjadikan desa Gedung Rejo sebagai desa percontohan. “Saya juga sangat mengapresiasi sekali atas inisiatip masyarakat Desa Gedung Rejo dan desa ini akan menjadi desa percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten OKI,” ujar Iskandar.

Aksi 1000 kentongan tadi dilanjutkan dengan pemukulan seribu kentongan dan pemotongan balon udara yang dilakukan oleh Kapolda Sumsel tanda di resmikannya desa siaga Kamtibnas. Serta selanjutnya acara juga diwarnai simulasi penangkapan pencuri ayam yang dilakukan oleh masyarakat Desa Gedung Rejo.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kapolda Sumsel Meresmikan1000 Kentongan Buat Desa Siaga Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio