728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 26 Januari 2015

Tumpukan Sampah Mulai Dibersihkan

KAYUAGUNG RADIO - Tumpukan sampah di sepanjang Jalan Raya Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kini sudah dibersihkan oleh pihak badan pengelolaan pasar dan kebersihan OKI, Senin (26/1).

Menyikapi banyak tumpukan sampah di sepanjang Jalan Raya Kecamatan Pedamaran Asisten I Setda OKI, Listiadi Martin SSos berjanji akan segera berkoordinasi dengan Kepala Badan Pasar dan kecamatan karena itu wewenang mereka. “Nanti dikoordinasikan dulu dengan camat, dan bagian pasar,” kata Listiadi.

Listiadi mengakui memang di Kecamatan Pedamaran tidak ada tempat pembuangan sampah.

Persoalannya frekuensi angkutan dari dinas kebersihan minim sehingga tumpukan sampah terjadi.

“Sebenarnya sampah di sana 2 minggu sekali dibersihkan. Kebetulan saja sampah belum diangkut oleh petugas kebersihan,” ujar Listiadi. Menurut Listiadi, masyarakat tak bisa disalahkan karena memang tak ada tempat pembuangan sampah di sana.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Pasar dan Kebersihan (BPPK) Tohir Yanto SSos didampingi Sekretaris Hilwen mengatakan, pihak langsung turun tangan ke lokasi tempat tumpukan sampah di sepanjang Jalan Raya Pedamaran dan diangkut oleh mobil pengangkut sampah. Sebenarnya, menurut Tohir pengankutan sampah ini sudah kerap dilakukan, dan memang pengangkutan sampah disana belum waktunya, giliran dengan wilayah lainnya.

“Maaf terima kasih dengan adanya informasi ini. Saya menjadi gerah dengan personel kebersihan yang ditugaskan di wilayah Pedamaran, karena saya kira tidak ada persoalan dengan sampah, karena sudah diperintahkan untuk tetap melakukan pengangkutan sampah,” kata Tohir.

Untuk itu, dilokasi Kecamatan Pedamaran disiapkan 3 armada dan mobil serta 15 anggota kebersihan untuk tetap bertugas untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, akan ditambah kontainer menjadi 2 unit.

“Setelah meninjau tempat pembuangan sampah akhir di Kecamatan Teluk Gelam, tumpukan sampah dari Pedamaran akan dibuang ke Teluk Gelam. Namun kendala sekarang mengenai jalan, karena jalan menuju TPA licin disebabkan diguyur hujan sekarang ini,” tuturnya seraya berucap yang jelas tidak ada lagi sampah di Pedamaran yang berserak di pinggir jalan.

“Saya harapan kepada masyarakat buanglah sampah pada kontainer yang sudah tersedia,” harap Tohir.

Terpisah, Camat Pedamaran H Herkoles mengakui, sebelumnya memang ada tumpukan sampah, karena belum ada pengangkutan dari pihak kebersihan. Dan kini di sepanjang Jalan Raya Pedamaran sudah bersih, karena sampah sudah diangkut oleh pihak kebersihan. “Ya sekarang sudah bersih, kebenaran belum waktunya diangkut sudah terburu diberitakan oleh media,” ujar Herkoles.

Sebenarnya, masyarakat sudah kerap kali diberikan himbauan untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Namun, masyarakat masih membuang sampah di pinggir jalan yang memang dilokasi itu hutan. “Tempat warga buang sampah itu masih hutan jadi mereka dengan mudahnya buang sampah disana,” tandasnya seraya berucap pihak kebersihan sudah meletakan 2 unit kontainer untuk penampungan sampah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tumpukan Sampah Mulai Dibersihkan Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio