728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 05 Februari 2015

Dinas Kesehatan Telah Beritan Vitamin A kemasyarakat OKI

KAYUAGUNG RADIO - Mata adalah jendelan dunia, demikian orang bijak mengibaratkan. Keindahan alam semesta kita rasakan dengan indra mata kita. Tidak terbayangkan gelapnya dunia tanpa sempurnanya fungsi mata kita, sehingga menjaga kesehatan mata menjadi kewajiban kita semua sejak masa balita. 

Mata yang sehat ditandai dengan kornea (selaput bening yang menutupi bagian hitam dari mata) yang jernih transparan dan tembus pandang. Konjungtiva (bagian putih mata) terlihat putih warnanya. Bagian tengah mata tampak hitam, kelopak mata dapat membuka dan menutup dengan baik serta pertumbuhan bulu mata teratur mengarah ke luar.
Salah satu unsur zat gizi yang sangat diperlukan dalam rangka menjaga kesehatan mata adalahvitamin A, terutama untuk para Balita. Vitamin A tidak bisa dibuat oleh tubuh, jadi harus dipenuhi dari luar, yaitu melalui makanan. Ada berbagai bentuk vitamin A, yaitu bentuk jadi vitamin A (retinol) dan bentuk provitamin A (karatenoid). Vitamin A bentuk jadi terdapat pada mamalia dan ikan, sedangkan provitamin A terdapat dalam sayur-sayuran berwarna hijau tua dan beberapa buah berwarna jingga. 

Setiap bulan Februari dan Agustus, merupakan bulan pemberian vitamin A. untuk anak anak usia 6 hingga 59 bulan, Kabupaten Ogan Komering Ilir yang terdiri dari 18 kecamatan dan terdapat 29 puskesmas dan puskesdes serta 744 posyandu telah memberikan vitamin A kepada masyarakat yang mempunyai anak bayi maupun balita. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir M Lubis SKM Mkes melalui Kabit pelayanan Kesehatan Ubaidilah SKM Keguna meratakan dalam pemberian Vitamin yang yang berada diwilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, dinas Kesehatan Kabupaten OKI diposyandu dibagikan vitamin A untuk anak balita. Sasaran program ini adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. Ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah untuk usia 12 sd 59 bulan. Sasaran pemberian vit. A bulan Februari 2015 di wilayah Kabupaten Ogan komering Ilir yaitu Untuk jumlah Bayi usia 12-59 bulan 68.259 balita sedangkan untuk jumlah bayi usia 6-11 bulan 9.330. 

Ubaidilah menambahkan, Bulan Februari ini merupakan bulan vitamin A, maka diharapkan kepada masyarakat agar bisa membawa anaonya ke posyandu atau puskesmas terdekat untuk bisa mendapatkan vitamin A sudah berjalan, saatnya membawa balita ke posyandu untuk mendapatkan vitamin A. 

“Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare. Kekurangan vitamin A pada ibu hamil juga berisiko meningkatkan kebutaan. Oleh sebab itu diharapkan kepada masyarakat yang memiliki anak bayi maupun balita untuk bisa dating keposyandu untuk emndapatkan vitamin A” ungkapnya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dinas Kesehatan Telah Beritan Vitamin A kemasyarakat OKI Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio