728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 28 Februari 2015

Pegal Mata? Ini Solusinya

Terlalu lama menatap layar monitor laptop, atau komputer, atau sering berada di tempat bersuhu dingin, bisa mendatangkan efek menyebalkan, yakni munculnya rasa pegal pada bagian mata. 

Selain itu, dampak lain yang dapat muncul, ialah mata kering dan iritasi, sesuatu yang dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melemaskan otot mata dalam waktu singkat. Ini ulasannya menurut Times of India:

Hangatkan mata

Jika mata terasa mulai lelah, berkabut dan pegal, cara termudah dengan menghangatkannya. Pertama, gosokan telapak tangan kanan dan kiri Anda secara bersamaan, selama 10 sampai 15 menit, hingga telapak terasa hangat. 

Setelah itu, tempelkan pada kelopak mata yang sedang dalam keadaan terpejam. Rasakan kehangatannya yang perlahan melenturkan otot-otot mata yang tegang, dan membuat penglihatan jadi lebih nyaman.

Berkedip

Mungkin terdengar sederhana dan sepele. Namun, berkedip adalah pertolongan pertama bagi Anda, yang sedang mengalami pegal mata, atau mata kering. 

Sebab, berkedip melancarkan sirkulasi darah pada mata, serta bisa mengistirahatkan mata kita ketika telalu lama digunakan. Cobalah berkedip dengan tempo lambat dan tenang, dan rasakan manfaatnya bagi indera pengelihatan itu.

Menggulingkan mata

Olahraga yang bisa dilakukan untuk melemaskan otot mata, ialah dengan menggulingkan bola mata hingga membentuk lingkaran. Caranya dengan menggerakkan ke atas, bawah, samping kiri dan kanan. Dengan begitu otot mata akan terlatih dan tidak tegang seperti sebelumnya.

Menatap jauh

Satu hal lagi yang bisa dilakukan saat mata terasa seperti ingin copot, ialah dengan melihat dan fokus pada benda yang berada jauh dari pandangan. Lihatlah benda dengan jarak minimal 10 meter. Memandang jarak jauh, dipercaya ampuh melemaskan otot siliaris pada mata, yang membuatnya jadi lebih nyaman dan tidak tegang lagi.


Merdeka.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pegal Mata? Ini Solusinya Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka