12 Manfaat Konsumsi Garam Laut

Garam tidak lepas dari makanan sehari-hari kita. Namun masih banyak orang yang bingung, garam itu sehat atau tidak? Hal ini tergantung pada jenis garam yang kita makan. 

Apakah garam laut lebih baik dari garam biasa? Garam meja (garam dapur) mengandung 97 persen natrium klorida (NaCl). Garam jenis itu dapat menyebabkan penyakit Alzheimers dan masalah kesehatan lainnya.

Anda mungkin harus menghindari garam meja karena tidak alami dan tidak memiliki banyak mineral yang dibutuhkan tubuh. Sebaiknya, Anda harus mengkonsumsi garam laut alami.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut beberapa manfaat garam laut alami untuk kesehatan tubuh manusia.

Gula darah

Insulin bertanggung jawab pada gula darah yang dapat mencegah diabetes. Asupan garam yang sedikit, membuat insulin tidak sensitif mengambil glukosa darah. Maka dari itu, garam sangat penting bagi insulin untuk mengurangi diabetes.

Hidrasi

Asupan air garam alami yang dikonsumsi setiap pagi, baik untuk energi tubuh. Selain itu, dapat mengurangi gejala alergi dan mencegah dehidrasi.

Panjang umur

Penelitian telah menunjukkan bahwa, sedikit mengonsumsi garam alami, terkait dengan harapan hidup. Jepang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia karena mereka mengkonsumsi garam alami. Mereka juga memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung daripada kebanyakan negara-negara maju lainnya.

Meredakan stres

Asupan garam alami mengurangi tingkat hormon stres dan kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol ini yang menyebabkan stres pada manusia. Untuk itu, garam laut baik dalam meredakan stres.

Pencernaan

Minum air garam alami setiap pagi membantu pencernaan dan penyerapan. Garam mengaktifkan enzim pencernaan dalam mulut yang disebut amilase saliva. Garam juga memproduksi asam klorida dalam lambung yang membantu pencernaan.

Kesehatan gigi

Garam laut yang mengandung fluoride, penting untuk kesehatan gigi. Fluoride melindungi gigi dari kerusakan asam dan mencegah gigi berlubang. Berkumur teratur dengan air garam laut membantu meringankan gusi berdarah, sariawan, bisul dan sakit tenggorokan.

Arthritis rheumatoid

Garam laut efektif memberikan bantuan nyeri sendi pada rheumatoid arthritis. Penelitian telah menunjukkan bahwa garam laut bersifat anti-inflamasi.

Kaki kesakitan

Merendam kaki dalam air garam laut yang hangat membantu mengendurkan otot-otot kaki, mengurangi rasa sakit, kelelahan, pembengkakan dan nyeri kaki.

Tidur nyenyak

Mandi garam laut memiliki efek menenangkan saat tidur dan tidur lebih nyenyak. Garam laut juga mencegah kelebihan air liur yang keluar dari mulut saat tidur.

Mengurangi lingkaran gelap pada mata

Garam laut mengurangi bengkak di bawah mata Anda. Kompresan garam laut dapat mengurangi lingkaran gelap dan memiliki efek menenangkan di sekitar mata.

Mencegah rambut rontok

Garam laut alami merangsang pertumbuhan rambut. Memijat kulit kepala dengan garam laut dapat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat folikel rambut.

Pengganti elektrolit

Mineral seperti magnesium, kalium, kalsium dan natrium dapat menyeimbangi elektrolit tubuh. Selama dehidrasi, elektrolit dalam tubuh akan hilang. Garam laut mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.
Diberdayakan oleh Blogger.