728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 24 Maret 2015

Buang Barang-barang Ini Demi Kesehatan Anda

Menyimpan barang dalam waktu lama, bisa menjadi hobi bagi seseorang. Untuk para kolektor, misalnya, mengoleksi berbagai barang bisa menjadi kesenangan tersendiri. 
Namun ternyata, ada beberapa barang yang tidak baik bila disimpan dalam waktu lama, dan harus segera dibuang. Lalu apa sajakah barang-barang tersebut? Ini ulasannya menurut laman Health.com.

Wadah Plastik

Memiliki wadah makanan yang berbahan dasar plastik, memerlukan perhatian. Apabila plastik yang terkandung dalam wadah makanan yang biasa digunakan tidak aman, maka penggunaan jangka panjang sangat tidak disarankan. 
Pasalnya, kandungan berbahaya dalam plastik akan luruh apabila wadah digunakan untuk beberapa jenis makanan, terutama yang bersuhu panas. Oleh karena itu, coba alihkan pilihan Anda pada wadah yang berbahan kaca. Dengan begitu risiko tercemarnya bahan berbahaya dapat ditekan, dan makanan akan jadi lebih tahan lama.

Makanan sisa di lemari es

Meninggalkan makanan sisa di dalam lemari es, sebetulnya tidak disarankan. Pasalnya makanan sisa tersebut, terutama yang mengandung bahan hewani seperti daging, dapat menyebarkan bakteri dalam lemari es, yang bernama listeria. 
Bakteri ini mampu berkembang dalam udara dingin dan beku di lemari es, yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit meningitis hingga berujung pada kematian. Sebaiknya, jika Anda ingin menyimpan makanan di lemari es, jangan sampai lebih dari 3 hari. Karena ketika sudah melebihi waktu tersebut, bakteri dapat berkembang dengan cepat dan makin membahayakan.

Spons pencuci piring

Mungkin kelihatan sepele dan banyak diremehkan, namun spons pencuci piring yang sudah lama digunakan memiliki bahaya yang sangat mengkhawatirkan. Benda ini, adalah salah satu benda terkotor dan terbanyak mengandung bakteri di dapur. 
Spons ini bisa menyebarkan bakteri yang membahayakan tubuh bila tak segera dibuang. Untuk mecegah penyebarkan bakteri, Anda bisa memilih sarung tangan pencuci piring, ketika sedang mencuci agar kuman dan bakteri tidak berkembang dan menjangkiti tubuh.

Sikat gigi

Satu lagi yang sering disepelekan namun sebenarnya sangat berbahaya ketika terus disimpan, ialah sikat gigi. Sikat gigi yang sudah lama, bisa menjangkiti mulut dan gigi Anda, dengan bakteri dan kuman yang bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Untuk itu, bila sudah tidak bisa digunakan, sebaiknya sikat gigi jangan lagi dipakai, dan baiknya dibuang. 
Tandanya, bisa dilihat dari serat pada sikat gigi yang sudah mulai menyebar dan tidak selembut saat baru. Hal tersebut yang menentukan kapan Anda harus mengganti sikat gigi demi kesehatan lebih baik.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Buang Barang-barang Ini Demi Kesehatan Anda Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka