728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 30 April 2015

Bupati OKI Iskandar SE Hadiri Peringatan Hari Kartini

KAYUAGUNG RADIO - Hari Kartini. Ada sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya. 

Beberapa dekade setelah beliau meninggal, pergerakan wanita semakin terasa dan membawa dampak luar biasa. Saat ini, melihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang begitu tabu lagi, meskipun adat ketimuran yang bangsa ini punya juga tidak sepenuhnya punah, terutama budaya patriarki. 

Hari Kartini, di berbagai daerah diperingati dengan cara menggunakan baju adat daerah-daerah yang ada di Indonesia. Entah kenapa juga, apakah ada relasi antara baju adat dan perjuangan R. A. Kartini itu sendiri. 

Setiap Tanggal 21 April Bangsa Indonesia memperingari Hari Kartini, dimana sebagai Pahlawan Perempuan pertama yang mensejajarkan derajat perempuan dengan kaum pria. Untuk mengingat kembali sejarah tentang siapa sebenarnya R.A Kartini. 

Dalam peringatan hari Kartini yang ke 136 pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir telah menggelar berbagai kegiatan yang diantaranya ajang sana ke desa tanjung serang kecamatan Kayuagung. 

Puncak kegiatan hari kartini pemerintah kabupaten Ogan Komering Ilir menggelar di gedung kesenian Kayuagung dengan diisi dengan kegiatan penilaian pakaian kebaya ala RA Kartini, seminar kesehatan yang digelar dinas Kesehatan Kabupaten OKI. 

Bupati OKI Iskandar SE dalam sambutannya mengatakan peringatan hari kartini pada tahun ini yang mengambil tema melaluli hari kartini mari kita tingkatkan peran perempuan sebagai mitra sejajar laki laki dalam membangun bangsa dan negara, dengan tema tersebut Iskandar menjelaskan dibalik keberhasilan laki laki disitu ada kaum perempuan, sudah banyak kaum perempuan sekarang ini yang telah menjadi seorang pemimpin, baik dari presiden perempuan, Bupati Perempuan, Anggota DPR RI, DPR Provinsi, maupun DPRD, dari situ bisa dilihat peran perempuan untuk ikut membangun bangsa dan negara ini. 

Sementara Dewan Penasehat GOW OKI Linda Sari Iskandar dalam sambutannya mengatakan, kaum perempuan merupakan pendamping laki laki untuk menuju kesuksesan, dalam artian sejajar adalah bersama sama untuk membangun daerah atau bangsa ini, maka dengan peringatan hari Kartini pada tahun ini mari kita tingkatkan peran kaum perempuan untuk ikut andil dalam pembangunan daerah maupun bangsa dan negara ini. 

Hadir dalam acara tersebut Bupati OKI, Wakil Bupati, Kapolres OKI, Dandim 0402 OKI, kepala Kejaksaan Negeri, Camat Sekabupaten OKI, kepala Dinas, Badan, serta kaum ibu ibu yang semuannya memakai kebaya. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bupati OKI Iskandar SE Hadiri Peringatan Hari Kartini Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio