728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 17 April 2015

Warga Pesisir Pantai Timur Kini Nikmati Listrik

KAYUAGUNG RADIO - Warga transmigrasi SP 3 Desa Persiapan Jaya Makmur Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI kini bisa menikmati aliran Listrik. Bupati OKI, Iskandar, SE yang meresmikan langsung Pembakit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal bagi 256 rumah di desa ini, Kamis, (26/4).

Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Desa persiapan Jaya Makmur berada dikawasan pantai timur Kabupaten OKI. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Ibu Kota Kecamatan Tulung Selapan untuk menuju desa ini. Perkampungan transmigrasi ini berdiri sejak tahun 2008 dan saat ini sudah dihuni oleh 350 Kepala Keluarga.
Saiful Anwar tokoh masyarakat setempat mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten OKI kepada warga SP 3. 
"Ini luar biasa, baru kali ini kami dikunjungi Bupati, terimakasih Pak Iskandar" Ujar Saiful. Dikatakannya meski berada di pesisir masyarakat setempat sudah bisa menikmati fasilitas dasar

"Terimakasih Pak Bupati disini sudah ada pos kesdes, anak-anak kami juga tidak jauh pergi sekolah dan kini sudah bisa menikmati listrik" ujarnya.

Bupati OKI, Iskandar, SE mengatakan kebutuhan dasar masyarakat di pesisir dan pelosok-pelosok terpencil yang menjadi perhatian pemerintah pusat dan Pemkab. OKI saat ini.

"Yang kita bangun dulu kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat terutama yang berada di pesisir seperti ini agar mereka bisa merasakan kehadiran pemerintah" Ungkap Iskandar. 


Dikatakan Iskandar Listrik Tenaga Surya Komunal sangat cocok untuk kawasan pesisir . "Kalau mau bangun jaringan listrik butuh biaya besar. tidak terbayang berapa anggarkan. kita butuhkan. Dengan teknologi ini kita terbantu untuk menerangi masyarakat". Ungkapnya. 

Jaringan listrik tenaga surya Komunal di SP 3 Jaya Makmur berkapasitas 25 KWP Listrik ini mampu menerangi 256 rumah warga desa ini selama 24 jam. Masing-masing rumah mendapat kuota 220 Watt dan warga hanya dikenakan biaya pemeliharaan Rp 15.000 perbulan. 
Program serupa juga sudah dibangun di Desa Sungai Sibur Kecamatan Sungai Menang dengan kapasitas 10 KWP

Iskandar berharap kehadiran fasilitas ini mampu meningkatkan produktifitas masyarakat setempat.
"Ya. semoga masyarakat bisa meningkatkan produktifitasnya. Anak-anak juga bisa belajar dengan nyaman"
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Warga Pesisir Pantai Timur Kini Nikmati Listrik Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio