4 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok untuk Sahur

Saat puasa, kita perlu makan sahur. Selain bagian dari ibadah, makan sahur bisa membantu Anda untuk tetap kuat dan bugar menjalani ibadah puasa seharian. Nah, supaya Anda bisa tetap menjaga kesehatan dan kebugaran di bulan puasa, perhatikan lagi pilihan menu sahur Anda. Dilansir dari healthyeating.sfgate.com, ada beberapa jenis makanan rendah kalori yang bisa bikin kenyang lebih lama. Dan makanan tersebut sangat cocok untuk menu sahur. Selengkapnya, langsung saja ikuti uraiannya di bawah ini.

Sayuran Segar

Pilih sayuran segar yang rendah kalori tapi bisa tetap membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa diantaranya adalah mentimun, seledri, tomat, jamur, paprika, brokoli, kembang kol, asparagus, dan wortel. Perlu perhatikan juga cara pengolahannya, ya Ladies. Kurangi penggunaan saus, mentega, dan minyak saat mengolah sayuran tersebut.

Buah-Buahan

Buah yang kaya kandungan air dan seratnya juga bisa dikonsumsi saat sahur. Beberapa buah yang rendah kalori tapi tetap bisa membuat Anda kenyang lebih lama antara lain apel, pir, pisang, jeruk, dan anggur. Buah apel khususnya memiliki manfaat lebih. Menurut USA Today, mengonsumsi sebutir apel 15 menit sebelum makan menu utama bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Ikan dan Seafood

Ikan yang kaya protein juga bisa dijadikan menu sahur Anda. Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, ikan cod, dan ikan herring memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, kerang, udang, tiram, dan kepiting juga kaya akan protein tapi rendah lemak dan kalori. Namun sekali lagi perhatikan cara pengolahannya, ya Ladies. Kalau ikan tersebut diolah dengan digoreng atau menggunakan tambahan banyak mentega, maka jumlah kalorinya bisa semakin meningkat. Porsi makannya juga jangan sampai berlebihan ya.

Kacang-Kacangan dan Bulir Utuh

Beras merah, barley, oatmeal, lentil, kacang merang, kacang pinto juga baik dikonsumsi karena kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi kacang-kacangan dan bulir utuh ini akan membuat Anda kenyang lebih lama.
Diberdayakan oleh Blogger.