728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 28 Juni 2015

6 Manfaat Ramadan Untuk Kesehatan Mental Anda

KAYUAGUNG RADIO - Sudah banyak artikel yang berisi tentang manfaat Ramadan bagi semua orang, baik muslim maupun non-muslim. Namun ternyata Ramadan juga baik untuk kesehatan mental Anda. Berikut adalah beberapa manfaat bulan Ramadan bagi kesehatan mental Anda seperti yang dilansir oleh boldsky.com

Damai dan Bahagia

Pada minggu pertama tubuh Anda mulai beradaptasi dengan pola puasa dengan melepaskan hormon dan bahan kimia seperti adrenalin, dopamin, hormon steroid. Setelah menjalani minggu pertama Ramadan, Anda akan bisa merasakannya dalam diri Anda. Hati Anda akan tenang, damai dan bahagia

Mengobati Kecemasan dan Depresi

Sebuah studi menunjukkan bahwa puasa mengurangi gejala depresi dan kecemasan hanya setelah beberapa hari. Berpuasa dalam bulan Ramadan menurut penelitian melepaskan endorfin lebih banyak ke otak yang akan membuat Anda bahagia dan gembira.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa meningkatkan kualitas tidur. Seseorang yang berpuasa akan memiliki tidur yang nyenyak tanpa mengalami gangguan tidur. Ini akan sangat terasa setelah Anda menjalani seminggu puasa.

Perubahan Pikiran yang Positif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan doa, iman dan spiritualitas di bulan Ramadan banyak melibatkan dan mengubah otak Anda. Selama melakukan kegiatan keagamaan akan merangsang korteks prefrontal otak yang menentukan kepribadian, ekspresi, pengambilan keputusan, fungsi kognitif dan lain-lain.

Meredakan Takut dan Agresi

Puasa mampu menghilangkan rasa takut, kemarahan dan agresi dengan mematikan bagian amygdale otak Anda. Ini bagian dari otak yang berkaitan dengan emosi negatif dalam diri Anda.

Mengisi Pikiran Anda Dengan Cinta Dan Kegembiraan

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa puasa dan kegiatan keagamaan memberikan perasaan ketenangan, kedamaian, cinta dan kegembiraan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 6 Manfaat Ramadan Untuk Kesehatan Mental Anda Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka