dapatkan 9 manfaat sehat ini dengan berpuasa!

KAYUAGUNG RADIO - Puasa merupakan rukun Islam yang wajib dijalankan oleh para umatnya. Tak hanya meningkatkan kadar iman, namun menurut beberapa penelitian kesehatan puasa ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.
Dilansir dari lifehack, inilah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari berpuasa.

Menurunkan berat badan
Puasa merupakan cara yang aman untuk menurunkan berat badan sebab tubuh akan memiliki kemampuan untuk membakar sel lemak lebih efektif daripada sekedar diet biasa,

Meningkatkan sensitivitas insulin
Puasa telah terbukti mampu memiliki efek positif pada sensitivitas insulin yang membuat tubuh lebih baik dalam mentolerir karbohidrat.

Mempercepat metabolisme
Puasa memberikan sistem pencernaan Anda waktu untuk beristirahat yang kemudian membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih efisien. Metabolisme makanan dan pembakaran lemak akan berjalan cepat. Fungsi usus pun juga lebih maksimal.

Memperpanjang usia
Percaya atau tidak, puasa ternyata dapat memperpanjang usia Anda. Salah satu alasannya adalah karena puasa akan mempercepat metabolisme Anda sehingga Anda akan terhindarkan dari penuaan dini. Selain itu semakin sedikit Anda makan, maka paparan racun dalam tubuh yang membuat cepat tua pun akan berkurang.

Memperbaiki pola makan Anda
Puasa bisa menjadi terapi menyehatkan bagi Anda yang memiliki pola makan yang buruk. Sebab puasa akan membuat Anda memikirkan makanan apa yang akan Anda konsumsi dan karena puasa memiliki jam makan yang teratur, maka hal ini akan berdampak positif pada pola makan Anda.

Meningkatkan fungsi otak
Saat Anda puasa, maka terjadi produksi protein di otak yang disebut dengan brain-derived neurotrophic factor atau BDNF. BDNF akan mengaktifkan sel batang otak yang diubah menjadi neuron baru dan akan mempromosikan kesehatan saraf. Protein ini juga akan melindungi sel-sel otak Anda dari penuaan yang akan menyebabkan penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Puasa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sebab dapat mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah peradangan, serta mengurangi pembentukan sel kanker.

Membuat diri Anda menjadi lebih cerah
Puasa tidak hanya membantu Anda untuk menahan diri dari nafsu makan, namun juga hal-hal yang mampu merusak kesehatan mental Anda. Dengan demikian dalam diri Anda akan lebih cerah dan Anda lebih tenang.

Mempromosikan kesehatan kulit
Karena Anda mampu mengontrol makanan Anda, maka Anda memastikan hanya makanan sehat saja yang masuk ke dalam tubuh. Efeknya tidak hanya baik untuk organ dalam, namun juga kulit Anda akan lebih bersih dan bercahaya.

Nyatanya, sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat sehat dari puasa. Jadi, tetap semangat dalam berpuasa agar selain mendapat pahala juga tubuh lebih sehat!
Diberdayakan oleh Blogger.