728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 21 Juni 2015

Lima Cara Hindari Makan Berlebihan di Bulan Puasa

KAYUAGUNG RADIO - Saat berpuasa, berbagai makanan manis dan enak disajikan di atas meja saat berbuka. Seharian menahan haus dan lapar, terkadang membuat orang kalap, dan melahap semua hidangan yang tersedia di atas meja. Dan, hal inilah yang harus dihindari. 
Makan berlebihan saat berbuka puasa, memiliki dampak buruk untuk kesehatan, seperti gangguan pencernaan, sakit perut, mulas, bersendawa, mual, dan tingkat energi yang rendah. 

Agar tidak kebablasan saat berbuka puasa, berikut beberapa tips seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu 21 Juni 2015:

1. Mulai dari yang kecil

Mulailah buka puasa Anda dengan sesuatu yang kecil, seperti almond, atau kurma. Dan, istirahat terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi makanan yang lain. Setelah itu, tunaikan salat Maghrib. Barulah, Anda menikmati beberapa santapan yang ada di meja makan bersama keluarga. Namun, tetap tidak boleh berlebihan. Pilih makanan secara hati-hati dan cari menu yang menyehatkan.

2. Pelan-pelan

Saat berbuka puasa, orang biasanya buru-buru dan ingin segera mengambil makanan yang ada di meja makan. Tetapi, kunyah makanan itu secara perlahan. Hal ini bisa membantu Anda untuk menahan godaan menjajal makanan yang lain.

3. Duduk dan fokus

Jangan makan, atau minum sambil berdiri. Orang terkadang berpikir bahwa makanan yang dikonsumsi dengan berdiri tidak berkalori. Ketika Anda makan dengan duduk tenang, makanan lebih terasa nikmat dan memuaskan.

4. Jangan berdiri di sekitar meja

Pasti banyak makanan lezat di atas meja dan sulit untuk menolaknya. Agar tidak tergoda, akan lebih baik bila Anda menjauhi meja makan. 

5. Makan sahur yang berimbang

Makan sahur dengan menu sehat dan berimbang, dapat mencegah seseorang untuk makan berlebihan saat berbuka. Cobalah konsumsi makanan berserat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang baik. Ini akan membantu metabolisme Anda.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lima Cara Hindari Makan Berlebihan di Bulan Puasa Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka