728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 07 Juli 2015

Dinas Pertanian OKI Bantu Alat Pertanian ke Petani

KAYUAGUNG RADIO - Dalam upaya mendukung terwujudnya kedaulatan pangan, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus mendorong dan memfasilitasi para petani yang melakukan karya usaha di bidang pertanian dalam arti luas agar kuantitas dan kualitas produksinya semakin baik, Selasa (7/7/2015).
 
Untuk itu, petani di 14 kecamatan patut berbangga hati, lantaran Pemerintah Daerah (Pemda) terus menerus memperhatikan petani demi peningkatan produksi pertanian. Perhatian tersebut dalam bentuk bantuan alat untuk menggarap lahan pertanian sawah dan lainnya yang diserahkan Bupati OKI H Iskandar SE diwakili Sekda H Husin SP MSi kepada perwakilan kelompok tani dan petani unit pelayanan jasa asin (UPJA). 

“Peralatan petani tersebut berupa terpal jemur 350 lembar, hand tractor 101 unit, consheller 5 unit, power threser 15 unit, combine harvester 1 unit,” kata Husin panjang lebar. 

Untuk itu, bantuan alat ini bentuk terimakasih pemerintah sebagai penyemangat bagi para petani. Semoga berbagai upaya ini produktivitas padi petani akan bertambah kesejahteraan para petani agar meningkat. 

“Harapan pemerintah bantuan ini bermanfaat bagi bapak dan ibu petani. Demikian penggunakanlah dengan baik dan bertanggungjawab. Semoga usaha kita bersama untuk menuju kedaulatan pangan akan segera terwujud,”  tutur Husin.

Kadin Pertanian H Syarifudin SP MSi didampingi Dandim 0402/OKI Letkol Inf M Arif Surayandaru mengatakan, untuk memberikan kemudahan kepada petani Pemerintah Kabupaten OKI, sedang fokus mengembangkan pertanian. Beberapa bulan lalu, pemerintah bersama-sama petani telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan jaringan irigasi untuk mengairi 75.000 Ha sawah yang tersebar di 15 kecamatan di Bumi Bende Seguguk.

Bahkan tahun ini perluasan jaringan irigasi OKI ditambah 20.000 Ha sehingga menjadi 95.000 ha. “Pemerintah terus mendukung terwujudnya kedaulatan pangan demi kesejahteraan bersama,” kata Syaripudin.

Dengan adanya jaringan irigasi yang baik ini, pemerintah yakin mampu meningkat produksi pertanian OKI yang tadinya satu kali panen bisa dua kali bahkan tiga kali. Sehingga secara keseluruhan target produksi padi Kabupaten OKI ke depan mampu ditingkatkan hingga 1 juta ton per tahun.

Salah satu petani UPJA Wayan Suryanto (43) asal Kecamatan Lempuing Jaya mengatakan, yang jelas petani merasa terbantu pengelolahan lahan bisa lebih cepat dan serentak. Dan pengelolahan lahan juga lebih bagus dan bisa menghasilkan produksi petani yang lebih maksimal.

“Kami petani bangga dengan pemerintah yang selalu memperhatikan petani,” tandas Wayan seraya menerima alat bantuan pertanian.

SURYA POST/ANDI SUARDI Sekda OKI H Husin SPd MSi, Dandim 0402/OKI Letkol Inf M Arif Suryandaru, Wakapolres OKI Kompol Adil, dan Kadin Pertanian H Syarifudin SP MSi serta perwakilan petani menyaksikan simbolasi penggunaan alat petani.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dinas Pertanian OKI Bantu Alat Pertanian ke Petani Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio