728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 31 Agustus 2015

Atasi Kekeringan Dinas Pertanian OKI Kerahkan Ratusan Pompa Air

KAYUAGUNG RADIO - Untuk mengatasi kekeringan lahan persawahan warga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pemkab OKI melalui Dinas Pertanian gencar menunjukan keberpihakan kepada petani padi yang mengalami kekeringan di lahan sawah milik masyarakat.

Setidaknya Dinas Pertanian Kabupaten OKI telah mengerahkan 1300 unit pompa air bantuan sosial dari Kementerian Pertanian RI untuk melakukan penyiraman lahan padi warga seperti yang dilakukan di Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI.

Kepala Dinas Pertanian OKI Syarifudin SP MSi mengatakan, pihaknya telah melakukan penyiraman lahan persawahan di Desa Tapus yang telah ditanami padi pada hamparan seluas 1.250 hektar.

Menurutnya, padi ada di Desa Tapus ini merupakan padi unggulan yang terdiri dari varietas Ciliwung, Ciherang, Situbagendit dan IR 42. Ini tanaman padi yang berkualitas, dengan masa panen hanya 3 bulan. “Jadi dalam setahun bisa 4 kali panen. Semoga hasil panen nanti bisa membantu meningkatkan perekonomian warga Tapus,” harapnya.

"Penanaman padi di desa tapus ini sudah dilakukan sejak pertengahan Juli dengan perkiraan panen pada Oktober 2015 mendatang. “ Rencananya Pak Presiden langsung yang akan memanen padi di Desa Tapus ini,”ujarnya.

Syarifuddin menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi para petani di Kabupaten OKI. “ Kita juga berharap dengan dikerahkannya ratusan pompa air ini bisa mengatasi kekeringan yang terjadi seperti saat ini, sehingga para petani tidak perlu khawatir karena kita sudah menyiapkan pompa untuk mengaliri sawah mereka,”jelasnya.

"Persawahan di OKI luasnya mencapai 184.764 hektar, yang terdiri dari lahan irigasi teknis 650 ha, tadah hujan 39.917 ha, lahan sawah pasang surut seluas 17.984 ha dan sawah lebak 57.603 ha. “Dari luas lahan itu OKI merupakan penyumbang beras sebanyak 5 persen untuk skala nasional, sementara untuk Provinsi Sumsel, OKI sebagai penyumbang beras nomor tiga,” bebernya.

Sentral pertanian pangan khususnya beras terdapat di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Lempuing, Lempuing Jaya, Air Sugihan, Tanjung Lubuk, Pampangan, dan Sirah Pulau Padang.

Sementara itu, Kepala Desa Tapus Amid Redi mengucapkan, sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan perhatian kepada para petani di desanya. Dengan demikian kata dia, petani tidak khawatir lagi akan dampak dari kekeringan. “ Semoga hasil panen nanti meningkat dan hasilnya pun berkualitas,”jelasnya.

Amid mengatakan, Petani Desa Tapus juga mengharapkan adanya peningkatan kualitas jalan sepanjang 5,5 Km berupa jalan cor beton, dari Desa Ulak Depati (berbatasan dengan Desa Tapus) menuju Desa Pulau Layang, agar petani tidak kesulitan saat mengangkut hasil panen nantinya,” harapnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Atasi Kekeringan Dinas Pertanian OKI Kerahkan Ratusan Pompa Air Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio