728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 30 September 2015

Lagi Stres??? Konsumsi Makanan Berikut Ini

KAYUAGUNG RADIO - Dalam bukunya yang berjudul The De-Stress Effect, ahli gizi Charlotte Watts menjelaskan bahwa stres dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut, pinggul dan paha. Stres juga mendorong kita untuk mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food. Nah, berikut adalah tujuh makanan yang terbukti dapat meredakan stres menurut Charlotte Watts.
 
1. Teh kamomil
Teh kamomil dapat meningkatkan asam amino glisin yang bisa menenangkan saraf kita saat stres. Teh ini juga dapat meningkatkan kadar asam hipurat yang membantu melawan infeksi. Ini akan sangat penting ketika Anda sedang stres.

Minum teh kamomil setelah makan juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kram perut dan sembelit, gejala yang sering dialami orang yang menderita stres.

2. Dark chocolate
Cokelat dapat melepaskan endorfin beta dalam otak yang bisa membantu mengatasi stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan 40 gram dark chocolate setiap hari dapat membantu kita mengatasi stres. Cokelat juga berisi bahan kimia yang disebut PEA phenylethylamine (PEA) yang dapat membangkitkan perasaan senang dan euforia.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, mengurangi hasrat kita pada gula, mengatur nafsu makan dan mendukung metabolisme. Kacang-kacangan juga merupakan sumber nutrisi seperti vitamin B, zinc, magnesium dan minyak omega. Mereka semua akan cepat terkikis ketika kita stres.

4. Seledri
Stres juga dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Tak perlu pusing, seledri bisa membantu kita untuk mengatasinya. Seledri mengandung tryptophan yang bisa membantu tubuh menciptakan serotonin, hormon yang membantu mempertahankan suasana hati yang positif dan tidur yang nyenyak.

5. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antivirus dan antijamur yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh - yang bisa turun karena stres. Anda bisa menambahkan dua siung bawang putih mentah ke dalam salad atau makanan Anda untuk mengatasi stres.

6. Kubis-kubisan
Brokoli, kembang kol, kubis, sawi, pak choi, dan lobak mengandung senyawa sulfur yang disebut glucosinolates. Senyawa itu bisa membantu hati mendetoksifikasi hormon stres. Anda pun bisa langsung memakannya atau mengukusnya sebentar.

7. Minyak zaitun
Stres diketahui dapat memicu penyakit kardiovaskular. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun. Minyak ini mengandung senyawa yang disebut oleocanthal, yang terbukti mempunyai efek anti-inflamasi yang sama seperti yang dimiliki oleh ibuprofen - tetapi tanpa efek samping.

Inilah tujuh makanan yang terbukti dapat meredakan stres, menurut penjelasan ahli gizi Charlotte Watts. Semoga informasi ini bermanfaat!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lagi Stres??? Konsumsi Makanan Berikut Ini Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio