728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 14 Oktober 2015

7 Makanan Penolong Bagi Yang Kehilangan Konsentrasi

KAYUAGUNG RADIO - Banyak tanggung jawab dan pekerjaan membuatmu harus berpikir ekstra cepat tanpa harus kehilangan fokus. Tetapi jika kamu telah terindikasi kehilangan konsentrasi, maka itu pertanda bahwa kamu membutuhkan pertolongan cepat untuk mengembalikan konsentrasimu yang hilang. Sebenarnya, ada begitu banyak variabel yang bermain dalam konsentrasi, seperti kurang tidur, keteraturan melakukan olahraga, dan bahkan mood. Semua itu bisa berpengaruh pada tingkat konsentrasi kamu.

Bridget Bennet, seorang ahli gizi dari "Indie Fresh" mengatakan bahwa seperti biasa, kesehatan, diet yang seimbang adalah awal permulaan yang baik. Sebuah diet yang seimbang melibatkan berbagai macam makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak dan lemak baik.

Berdasarkan apa yang disarankan oleh beberapa ahli gizi, berikut 6 makanan penolong yang bisa bantu kamu tingkatkan konsentrasi.

1. Alpukat
 
Ketika kamu ingin memberi asupan gizi yang cukup untuk otak, alpukat adalah pilihan yang terbaik. Avokad mengandung asam oleat, asam lemak yang merupakan komponen utama dari mielin, bahan lemak yang melindungi sel-sel saraf dan mendukung aliran sinyal saraf ke seluruh tubuh.

Brianna Dioro seorang ahli gizi untuk "The Vtamin Shoppe", asam lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada alpukat membantu tingkat fleksibelitas membran sel otak dan meningkatkan aliran darah yang sehat ke otak. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung, tanpa mengolahnya menjadi makanan lain.

2. Buah berri-berrian


Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya satu cangkir buah blueberri setiap minggu mengalami penundaaan penurunan mental kurang lebih setengah sampai dua tahun dibandingkan dnegan wanita yang jarang memakan buah.

Buah berri-berrian (misalnya strawberri atau blueberri) memiliki kandungan anthocyanin,phytochemical yang tinggi. Jika bosan dengan sajiannya dalam bentuk buah, kamu bisa mengolahnya menjadi bahan campuran yogurt, sereal, pancake atau bahkan adonan muffin.

3. Brokoli

Brokoli memiliki banyak kandungan kalium yang dipercayai ahli gizi sangat baik untuk fungsi otak. Stacy Isacs (seorang ahli gizi yang bekerja pada Asian Medicine) mengatakan bahwa brokoli juga mengandung magnesium dan kalsium untuk membantu mengatur tekanan darah. Hal ini juga baik untuk membersihkan tubuhmu dari kelebihan panas dalam tubuh.

4. Telur

Untuk makanan yang satu ini kamu pasti sudah tidak asing lagi, kan? Telur memang salah satu menu dapur favorit banyak orang. Selain enak dan murah, ternyata telur juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi kamu, lo! Para ahli gizi meyakini bahwa telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh otak seperti B12, lesitin, dan kolin.

Kolin adalah nutrisi penting dari vitamin yang memainkan peran utama dalam sintesis neurotransmitter. Telur juga mengandung asam lemak esensial penting sebagai bangunan untuk sel-sel otak dan neuron yang berfungsi untuk mendukung memori dan konsentrasi. Telur dengan kandungan terbaik adalah telur yang diolah dengan cara direbus. So, telur bisa jadi menu sampingan yang sehat di awal pekan ini.

5. Kacang-kacangan
 
Omega 3 dan asam lemak yang ditemukan dalam kacang-kacangan seperti kenari ternyata baik untuk elastisitas saraf di dalam otak, yang sekaligus meningkatkan fungsinya. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan secara langsung tanpa diolah menjadi bentuk lain.

6. Biji kakao

Tidak diduga biji kakao yang selama ini kita kenal sebagai bahan dasar pembuatan coklat ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada blueberri, teh hijau dan bahkan anggur merah. Kandungan itu pulalah yang membuat biji kakao baik untuk jantung dan bahkan direkomendasikan sebagai makanan yang dapat memerangi jantung. Bukan hanya itu, kakao telah terbukti baik untuk otak karena membantu meningkatkan neurotransmitter. Itu berarti biji kakao baik untuk pertahanan konsentrasi kamu.

7. Ikan salmon

Seperti yang kamu ketahui bahwa omega-3 adalah nutrisi yang baik untuk fungsi kerja otak. Sehingga kekurangan omega-3 akan berdampak pada tingkat konsentrasi. Ikan salmon adalah salah satu makanan dengan kandungan omega-3 yang baik. Sehingga tidak ada salahnya kamu mengonsumsi ikan Salmon dengan menjadikannya bagian dari menu makan kamu.

Jadi, inti yang penting dari menjaga konsentrasi kamu sebenarnya adalah menjaga kandungan nutrisi penting untuk otak seperti Omega-3, kolin, dan berbagai nutrisi lainnya yang bisa kamu dapatkan setidaknya pada 6 bahan makanan tersebut. Selain mendukung konsentrasi dengan makanan, kamu juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat, seperti tidur yang cukup dan olahraga yang teratur.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 7 Makanan Penolong Bagi Yang Kehilangan Konsentrasi Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka