Angin Duduk? Jangan Panik!

KAYUAGUNG RADIO - Apakah Anda familiar dengan istilah angin duduk? Ya, penyakit ini memiliki beragam asumsi di masyarakat sekitar. Ada yang bilang bahwa angin duduk terjadi karena Anda terlalu banyak duduk di bawah, ada pula yang berkata bahwa angin duduk menyerang karena angin yang terperangkap di dalam tubuh.

Well, sebenarnya angin duduk merupakan salah satu gangguan jantung berkurangnya oksigen dan menurunnya aliran darah dalam tubuh. Anda akan merasa sesak, nyeri, dan bahkan mati rasa ketika terserang angin duduk. Bahkan jika tidak segera ditangani, angin duduk mampu menimbulkan kematian.

Lantas apa yang perlu dilakukan jika angin duduk menyerang? Berikut adalah cara mengatasinya.

Pertama adalah oleskan minyak angin di bagian perut, dada, pinggang, dan punggung Anda. Lalu tempelkan 2 botol air hangat di bagian ulu hati atau bagian perut depan tempat angin duduk tidak mau keluar. Sedangkan botol yang kedua letakkan pada telapak kaki. Posisi Anda harus rebahan dengan menghadap ke atas untuk melakukan hal ini.

Jika angin tetap tidak mau keluar, pakailah jaket hangat dan selimut tebal. Tunggu sampai tubuh Anda mengeluarkan keringat dingin dan Anda bisa buang angin.

Selain cara tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung nitroglycerin. Sebab zat ini berfungsi untuk mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Jika Anda tidak menemukan obat ini, Anda bisa mengonsumsi obat Antiplatelet (sel pembeku darah) untuk melonggarkan sumbatan yang terjadi. Obat Antiplatelet yang paling murah dan paling umum dijual adalah Aspirin. Selain membantu untuk melonggarkan penyumbatan, aspirin juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri yang terjadi.
Diberdayakan oleh Blogger.