728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 20 Oktober 2015

Bagaimana Cara Membedakan STNK Asli atau Palsu

KAYUAGUNG RADIO - Dewasa ini kasus pencurian kendaraan kian mengkhawatirkan. Tak cuma sepeda motor, mobil pun demikian. Kondisi tersebut tentu membuat khawatir para pemilik kendaraan.
Parahnya, para oknum nakal yang melakukan pencurian kendaraan tak cuma memalsukan pelat, namun juga terkadang memalsukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) agar mobil curian tak terdeteksi.

Diakui Kasat Reskrim Polres Tanjung Priok, AKP Ari Cahya Nugraha, membedakan STNK asli atau palsu cukup sulit. Sebab, secara kasat mata sangat mirip.
"Kalau dilihat secara kasat mata sangat mirip," kata Ari Cahya seperti dilansir situs resmi Toyota.

Ari Cahya pun menjelaskan perbedaan antara dokumen kendaraan bermotor asli dan palsu. Menurut dia, perbedaan tersebut tidak signfikan dan harus dilihat menggunakan sinar X-Ray.

"Alat kami di Polda Metro Jaya, X-Ray itu bisa kita ketahui. Kalau dilihat dari X-Ray, yang palsu tidak terlihat garis air, dan hologramnnya. Begitu juga dengan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)," ucap Ari Cahya.

Ari Cahya mengatakan, garis air yang dimaksud yakni benang pengaman yang ada pada STNK asli.
"Itu yang sulit dipalsukan. Bentuk pengaman STNK yang palsu itu biasanya dalam bentuk cetakan, bukan jahitan. Bisa kita lihat kok, hologram milik Polda dan Dispenda. Itu kan sangat terlihat sekali bedanya asli dan yang palsu," kata Ari Cahya.
Perbedaan selanjutnya, kata Ari Cahya, terlihat pada bahan yang dipakai oleh para pelaku kejahatan.
"STNK dan BPKB asli tidak akan pudar jika terkena air. Kemudian, kalau BPKBP palsu, fakturnya lebih tebal daripada yang asli," kata Ari Cahya. 

Sumber : viva.co.id
 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bagaimana Cara Membedakan STNK Asli atau Palsu Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio