728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 20 Oktober 2015

Bolu 8 Jam Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

KAYUAGUNG RADIO - Penetapan warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan & Kebudayaan tahun 2015 ini sangat beragam. Hal ini tidak lepas dari masuknya aneka kuliner dalam daftar mata budaya yang ditetapkan. Totalnya da 10 kuliner khas nusantara masuk dalam 212 warisan budaya tak benda indonesia 2015.

Ke sepuluh kuliner yang mewakili Indonesia tersebut mulai dari wilayah barat indonesia hingga timur. Dimulai dari :
1. Lempah Kuning (Bangka Belitung)
2. Bolu 8 Jam (Sumatra Selatan)
3. Gulai Taboh (Lampung)
4. Seruit (Lampung)
5. Sate Bandeng Serang (Banten)
6. Gudeg (Yogyakarta)
7. Ayam taliwang (NTB)
8. Bobor Paddas (Kalimantan Barat)
9. Cotto Makassar (Sulawesi Selatan)
10. Olahan Tepung Sagu Papeda (Papua)
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan mengatakan penetapan mata budaya tak benda sifatnya terbuka, namun khusus untuk kuliner beliau menyambut positif karena banyak yang lolos penetapan warisan tak benda. Potensi ekonomi dari warisan budaya kuliner sangat besar sekali, jika dipromosikan secara besar-besaran. Budaya kuliner bisa memperkuat ketahan pangan bangsa, kuliner juga tidak bisa dilepaskan dari aktivitas pariwisata lokal maupun mancanegara. 
Sementara itu, Ketua Tim Ahli Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Kemendikbud Pudentia Maria Purenti Sri Sunarti mengatakan tahun 2015 ini ada lebih dari 339 mata kebudayaan yang diusulkan untuk menjadi warisan budaya tak benda Indonesia, kemudian diseleksi untuk disusutkan menjadi 161 mata kebudayaan. Sampai akhirnya tim menetapkan ada 121 mata kebudayaan yang ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda.
SPO #BeritaBagus 2110
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bolu 8 Jam Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio