728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 16 Oktober 2015

Kesehatan Tubuh Bisa Dilihat dari Kondisi Lidah

KAYUAGUNG RADIO - Mengenali tubuh sendiri adalah hal wajib yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan, namun tak sedikit orang menyepelehkannya. Saat Anda sakit, tubuh akan memberikan sinyal perubahan yang tidak selalu jelas terlihat, namun bisa dirasakan.
Misalnya lidah, ternyata lidah juga dapat digunakan sebagai penanda kondisi kesehatan tubuh. Anda bisa mengetahui masalah kesehatan yang sedang diderita, atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh, hanya dengan melihat kondisi lidah.
Untuk itu, kenali tubuh dan ketahui beberapa fakta mengenai kondisi lidah yang dapat mengindikasikan kesehatan, seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.

Lidah berwarna merah

Lidah yang terlihat mengkilap dan berwarna merah, merupakan tanda tubuh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Itu juga bisa berarti tubuh kekurangan berbagai vitamin penting yang dibutuhkan. Kondisi lidah seperti ini, sering terlihat pada vegetarian karena mereka umumnya memiliki vitamin B12 rendah.

Lidah berwarna kecokelatan

Perokok dan orang yang gemar mengonsumsi alkohol cenderung memiliki lidah warna ini. Kondisi lidah ini juga mampu menyebabkan aroma napas yang tidak sedap atau menurunkan kemampuan indera perasa.

Lidap mirip keju

Jika lidah sekilas terlihat mirip keju warna putih bersisik, itu indikasi Anda menderita infeksi jamur. Hal tersebut umumnya disebabkan produksi jenis jamur bernama candida secara berlebih. Jenis jamur ini sering diproduksi oleh mereka yang menderita diabetes dan penyakit autoimun.

Lidah berkerut

Lidah berkerut adalah tanda usia yang sudah tak lagi muda. Tampilan lidah yang terlihat memiliki celah adalah tanda tubuh menua. Di titik ini, penting untuk memeriksakan kesehatan mulut secara rutin.

Lidah dengan noda putih

Noda putih pada lidah dinamakan leukoplakia disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang berlebihan dan sering terjadi pada perokok. Namun, jika Anda bukan perokok dan mengalami hal ini, bisa jadi disebabkan abrasi gigi yang secara konstan yang menggesek lidah.

Lidah terluka dan nyeri

Luka pada lidah yang terlihat seperti kulit yang melepuh bisa menjadi tanda kanker lidah dan harus segera ditangani oleh dokter.

Lidah terasa terbakar

Sensasi terbakar pada lidah biasanya terjadi karena alergi pasta gigi. Pada beberapa kasus, kondisi ini juga mengindikasikan tubuh Anda sedang melalui tahap postmenopause.

Itulah beberapa signal tubuh yang menandakan keadaan tubuh anda sedang tidak sehat, Apakakah lidah anda juga mengalami hal - hal tersebut. Kalau memang seperti itu sebaiknya anda segera memeriksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang tepat atau mencukupi mengkonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh anda bisa meningkat.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kesehatan Tubuh Bisa Dilihat dari Kondisi Lidah Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka