Tips Membeli Notebook Untuk Para Mahasiswa

KAYUAGUNG RADIO - Selamat ya untuk adik-adik yang tahun ini sudah diterima menjadi mahasiswa dan mahasiswi, sebuah masa yang indah yang akan kita kenang sepanjang masa. Tidak masalah masuk perguruan tinggi negeri atau swasta yang pentinggebetan kita juga masih satu kampusjurusannya sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Berkuliah di zaman teknologi yang semakin maju ini menuntut mahasiswa untuk lebih cerdas dalam memilih perangkat notebook demi menunjang kegiatan belajar mengajar. Nah, kira-kira apa saja ya yang harus diperhatikan dalam memilih notebook untuk kegiatan perkuliahan?

Saat kuliah, mahasiswa akan diberikan berbagai macam tugas yang harus dikerjakan oleh setiap dosen. Memiliki notebook yang tepat sudah menjadi kewajiban untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Hampir dipastikan kegiatan perkuliahan seorang mahasiswa akan terhambat jika tidak memiliki notebook, apalagi jika tidak memiliki spesifikasi yang pas.

Adhityaswara Nuswandana, pengamat trend anak muda sekaligus managing editor di salah satu majalah anak muda ternama di Indonesia, mengatakan, “Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum seorang mahasiswa menjalani rangkaian kegiatan perkuliahannya, salah satunya adalah notebook. Di era teknologi yang maju seperti saat ini, notebook telah menjadi hal yang mutlak dan sangat penting bagi para mahasiswa dalam menjalani kehidupan perkuliahannya sehari-hari. Selain digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah, notebook juga berfungsi sebagai alat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar lainnya seperti presentasi, sosialisasi dan mencari sumber-sumber untuk menunjang suatu pelajaran tertentu.

Adhit menuturkan bahwa desain dan fungsi sangat menentukan pilihan mereka dalam membeli notebook. “Banyak dari anak muda membeli notebook karena desainnya untuk menunjang eksistensi di lingkungan bermain mereka. Selanjutnya mereka mulai mempertimbangkan harga dan fungsi dari notebook itu sendiri.” ujar pengamat lifestyle khusus anak muda,

Nah, para mahasiswa yang ingin membeli notebook baru tapi masih bingung menentukan pilihan terbaik, berikut ini beberapa tips, yakni hal-hal yang harus diperhatikan dalam menemukan pilihan notebook terbaik :

1. Desain
Memiliki notebook dengan desain yang keren dengan warna-warna yang dinamis akan membuat kamu semakin semangat dalam menunjang berbagai kegiatan kuliah. Untuk yang senang menjadi pusat perhatian, notebook dengan desain yang keren akan membuat kamu menjadi pusat perhatian teman-teman kamu saat kamu menggunakannya di dalam kelas atau saat presentasi di depan kelas.

2. Prosesor
Notebook yang kamu miliki juga harus ditunjang dengan prosesor yang baik pula. Pilihlah notebook dengan prosesor Intel demi kelancaran bermultitasking. Prosesor Intel memiliki performa yang mumpuni sehingga kamu tidak akan menemukan hambatan saat mengerjakan banyak tugas yang diberikan oleh dosen kamu.

3. Spesifikasi Sesuai Kebutuhan
Tugas-tugas yang akan diberikan oleh dosen saat kuliah akan sangat banyak. Belum lagi kamu juga harus menyimpan beberapa file presentasi, e-book, atau video tutorial dalam jumlah besar. Pastikan notebook kamu memiliki harddisk yang cukup besar untuk menyimpan file-file. Memiliki notebook dengan kartu grafis juga penting untuk kamu yang berkuliah di jurusan desain.

4. Sistem Operasi Preinstalled
Tentunya kamu tidak mau repot jika harus membeli sistem operasi terpisah untuk menggunakan notebook kamu bukan? Pilihlah notebook dengan preinstalled Windows agar kamu bisa langsung menggunakannya untuk mengerjakan berbagai tugas kuliah kamu.

5. Keaslian Sistem Operasi
Pastikan Windows preinstalled yang terdapat dalam notebook yang ingin kamu beli asli agar notebook yang kamu gunakan tidak rentan dengan serangan virus dan malware.

6. Dukungan Aplikasi
Notebook dengan banyak dukungan aplikasi seperti Office 365 akan mempermudah kamu dalam mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan oleh dosen di depan kelas, baik itu tugas membuat makalah melalui Microsoft Word maupun tugas presentasi kelompok menggunakan Microsoft PowerPoint.

7. Perhatikan Budget
Bijaklah saat kamu membeli notebook. Sesuaikan spesifikasi notebook kamu dengan penggunaannya untuk mengerjakan tugas kuliah. Notebook dengan harga Rp 3 – 4 jutaan sudah memiliki spesifikasi yang cukup untuk keperluan kuliah.

8. Layanan Purna Jual Yang Baik
Pastikan notebook yang kamu pilih memiliki garansi yang panjang dengan tempat servis yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Hal tersebut untuk menjamin agar notebook kamu dapat digunakan hingga lulus kuliah. Sebagai merek notebook unggulan di Indonesia, Acer selalu mengerti kebutuhan notebook untuk para mahasiswa di Indonesia dengan menyediakan notebook berspesifikasi terbaik dengan harga yang bersahabat untuk kantong mahasiswa. Kelengkapan, layanan purna jual, serta 3 tahun garansi pun tak luput dari perhatian Acer sehingga mahasiswa bisa menggunakan notebook-nya dengan awet untuk mengeksplorasi ilmu-ilmu baru saat tengah berkuliah.

Oya, jangan lupa ngeblog dan ceritakan serunya menjadi anak kampus. Beberapa blogger sukses juga lahir sejak jaman mahasiswa lho, cuma sayang, setelah sukses mereka malah lupa kuliah, sehingga kelulusannya lama tertunda. Beberapa diantara mereka beralasan, “Masuk kampusnya aja susah, keluarnya dilama-lamain aja…” Jangan kalian tiru ya

Dikutip dari  harrismaul.com
Diberdayakan oleh Blogger.