728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 07 Oktober 2015

TP PKK Sumsel Melakukan Kunjungan Kerja Ke Puskesmas Celikah

KAYUAGUNG RADIO - Rangkaian kunjungan kerja P.PKK Provinsi Sumatera Selatan ke puskesmas Celikah untuk memonitor sejauh mana pelaksanaan IVA di Puskesmas yang ada di Kabupaten OKI khususnya yang ada di Puskesmas Celikah.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK)Sumatera Selatan Hj. Eliza Alex Noerdin yang di wakili oleh sekertaris Hj. Rosmaniar beserta rombongan dan Pokja Sumsel meninjau secara langsung kegiatan yang ada di Puskesmas Celikah yang mana pada hari ini Rabu (7/10/2015) dilakukan pemeriksaan Posbindu, Sosialisasi dan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), pelayanan dan penyuluhan KB dan Kanker Servik serta pemeriksaan kesehatan Ibu lainnya.

pkk 1 copyHj. Rosmaniar menuturkan kepada Reporter Kayuagung Radio merasa sangat senang sekali melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Celikah beliau mengatakan “saya sangat senang sekali karena pasiennya banyak, masyarakatnya sudah berbondong-bondong datang ke Puskesmas ini untuk memeriksakan IVA, payudara jadi memang program kita di situ”.

Tujuannya datang ke Puskesmas Celikah Kab. OKI ini “Kita untuk memonitor sejauh mana pelaksanaan IVA di sini dan setelah kami turun ke sini, sangat memuaskan untuk Kabupaten OKI dan setelah ini kami akan langsung ke Pendopoan nanti disitu akan diadakan penyuluhan dari balai POM dari BNN dan juga dari Dokter dan puskesmas”. kata Hj. Rosmaniar.

pkkk copyHadir dalam kujungan kerja TP.PKK Sumsel dan rombongan Pokja Sumsel, di Puskesmas Celikah yaitu TP. PKK OKI, Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinkes dan beberapa orang staf, Beberapa Kepala Dinas terkait, BKKB OKI, beberapa Pimpinan Puskesmas sekitar Kota Kayuagung, dan Camat Kota Kayuagung.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. OKI M. Lubis SKM. M.Kes mengatakan “Kegiatan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat yang di kunjungi oleh rombongan dari TP.PKK Provinsi Sumsel dilaksanakan di puskesmas Celikah ini lebih kurang ada sebanyak 75 orang peserta yang akan kita periksa di wilayah kecamatan Kota Kayuagung dan puskesmas-puskesmas disekitar kecamatan Kota Kayaugung, menurut hasil pemeriksaan yang terinpeksi akan kita rujuk dan akan kita terapi”.

Sementara itu dokter yang menangani pemeriksaan IVA yakni Dr. Gustikawati Octavia mengatakan “Masyarakat harus memeriksakan IVA karena memang untuk saat ini sedang di canangkan oleh pemerintah jadi IVA ini lebih ke pemeriksaan untuk deteksi dini untuk kanker rahim dan IVA ini pemeriksaannya mudah dan alatnya sangat sederhana, biayanya juga murah tidak memerlukan biaya alat tes laboratorium yang canggih, di Puskesmas pun bisa dan ini langsung cepat ketahuan dan ini ketahuan juga bukan pas sudah kanker jadi ini tanda-tanda mau jadi kanker atau deteksi dini. Bisa kita ketahui dengan pemeriksaan IVA ini”.

pkk2 copyUntuk saat ini pemeriksaan di Puskesmas Celikah belum ada yang positif sedangkan untuk pencegahan Dr. Gustikawati mengatakan “Agar tidak terkena IVA yang utama jangan mengganti-ganti pasangan, faktor banyak anak yang sudah beberapa kali melahirkan itu juga beresiko dan harus menjaga kebersihan karena kanker leher rahim sendiri disebabkan oleh virus dileher rahim dan menginfeksi, lama kelamaan menjadi kanker”.

Salah seorang warga Desa Kijang Ulu Ibu Iswani yang ingin berKB dan sekaligus ingin memeriksakan IVA mengatakan “ Dengan adannya Pemeriksan IVA ini saya sangat senang sekali karena bisa memeriksakan secara dini, dan untuk pelayanan di Puskesmas Celikah ini cukup tanggap, bidannya ramah-ramah dan cukup baik”.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: TP PKK Sumsel Melakukan Kunjungan Kerja Ke Puskesmas Celikah Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio