728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 18 November 2015

7 Khasiat Bubuk bawang merah Untuk Kesehatan

Kayuagung - Bawang merah ialah salah satu bumbu masakan yang tak asing lagi bagi kaum ibu rumah tangga. Bawang mengandung phytochemical yang mampu meningkatkan kerja vitamin C dalam tubuh. Bawang juga kaya akan kandungan kromium yang membantu tubuh mengatur kadar gula dalam darah. Ketika mengonsumsi bawang secara teratur, bawang akan membantu mengurangi peradangan dan infeksi.

Manfaat ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi bawang segar. Tetapi, banyak orang yang tidak menyukai bawang segar. Nah, untuk mengatasi itu, kita bisa mengubah bawang merah dalam bentuk yang lain, tanpa harus kehilangan manfaat sehatnya. Caranya adalah dengan membuatnya menjadi bubuk bawang. Melansir dari boldsky.com, bubuk bawang ini menyimpan tujuh manfaat sehat ini.

1. Kaya serat

Bubuk bawang memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat berfungsi untuk membantu fungsi pencernaan dengan baik. Untuk menikmatinya, kamu bisa menambahkan bubuk bawang untuk campuran salad dan makanan lain yang mampu membantu atasi gangguan pencernaan

2. Mengandung kalium

Karena bawang kaya akan kalium, bubuk bawang juga baik untuk kesehatan tulang dan jantung sehat. Mengonsumsi bubuk bawang secara teratur akan sangat membantu tubuh untuk mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh

3. Kaya Vitamin C Dalam

Tak hanya buah yang kaya kan vitamin C, bubuk bawang merupakan bahan yang kaya akan vitamin C. Bawang bubuk membantu dalam produksi kolagen, kesehatan tulang dan merupakan bahan alami terbaik yang membantu dalam penyembuhan luka

4. Mengandung mangan

Bubuk bawang merah bermanfaat bagi kesehatan karena kaya mangan, yaitu unsur yang diperlukan untuk menjaga jaringan tulang yang sehat. Selain itu, mangan membantu meningkatkan metabolisme serta mengandung nutrisi yang membantu mempercepat pembekuan darah. Mangan adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, karena kekurangan mangan dapat menyebabkan diabetes, osteoporosis, dan arthritis.

5. Kaya akan kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Bubuk bawang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi untuk menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga mampu mendukung fungsi sistem saraf.

6. Rendah sodium

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh bubuk bawang adalah rendahnya kandungan sodium yang dimilikinya. Bubuk bawang merah dapat menjadi salah satu alternatif pengganti garam, karena bubuk ini juga mampu meningkatkan rasa makanan. Mengganti garam dengan bubuk bawang memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan jantung kita. Karena menggunakan bubuk bawang merah sebagai pengganti garam mengurangi kemungkinan serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

7. Rendah kalori

Bagi kamu yang memiliki keluhan dengan berat badan, kamu bisa menjadikan bubuk bawang merah ini dalam menu diet kamu. Bubuk bawang merah ini adalah makanan yang rendah kalori dan lemak. Jadi, sangat sesuai untuk menu makanan diet kamu.

Nah, buat kamu yang belum tahu cara membuat bubuk bawang merah ini, caranya sangat mudah. Pertama, iris lima buah bawang merah dengan bentuk melingkar. Kedua,rebus bawang merah selama lima menit. Ketiga, bilas bawang merah rebus dengan air dingin. Setelah itu, oven sebentar bawang merah tersebut dan sisihkan. Sebagai langkah terakhir, haluskan bawang merah dengan mixer atau blender.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 7 Khasiat Bubuk bawang merah Untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka