728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 11 November 2015

Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Seharian di Depan Komputer

Kayuagung - Terlalu lama menatap layar komputer atau bekerja di depan komputer bisa membuat mata lelah. Menghabiskan waktu dua jam sama di depan komputer sudah membuat mata ini lelah. Bahkan kalau berlebihan, kita bisa terkena computer vision syndrome (CVS). Wah, seram juga, ya.

Computer vision syndrome (CVS), dilansir dari time.com, merupakan kondisi di mata kita merasa lelah setelah seharian bekerja di depan komputer. CVS ini bisa dialami 64 persen dan 90 persen pekerja kantoran. Meskipun kondisi ini memiliki kemungkinan kecil menyebabkan kerusakan mata permanen, tapi tetap saja membuat para pengguna komputer merasa kurang nyaman.

Gejala paling umum seseorang mengalami CVS, antara lain mata lelah, kemerahan, iritasi, mata kering, dan sensasi terbakar pada mata. Selain itu, gejalanya bisa meliputi pandangan mata yang buram, sakit kepala, dan sakit leher serta bahu.

Penyebab CVS dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Beberapa diantaranya adalah mata kering, pencahayaan yang buruk, postur tubuh yang salah, sudut kemiringan layar komputer yang kurang pas, dan gangguan kesehatan mata yang sudah dimiliki sebelumnya.

Nah, untuk mengatasinya, ada sejumlah tips yang bisa Anda ikuti. Selengkapnya, yuk simak uraiannya di bawah ini.


1. Cek kesehatan mata secara teratur.
2. Perhatikan posisi layar komputer. Posisi layar dari mata minimal sepanjang satu lengan. Posisi tepian atas layar sebaiknya 4-8 inci di bawah mata sehingga leher bisa lebih rileks saat Anda bekerja di depan layar.
3. Atur pencahayaan ruangan. Saat bekerja dengan komputer, perhatikan juga pencahayaan di dalam ruangan Anda. Coba uji apakah selama dua jam pertama Anda bekerja dengan komputer, mata Anda sudah terasa lelah. Jika iya, segera atur kembali pencahayaan ruangan Anda.
4. Berkedip sesering mungkin. Untuk mencegah mata kering, berkediplah sesering mungkin. Biasanya kalau sudah fokus bekerja, kita lupa untuk berkedip. Jadi pastikan Anda tak mengabaikan pentingnya berkedip, 
5. Istirahatkan mata setiap 15 menit sekali. Cobalah untuk jalan-jalan sebentar setiap 15 menit sekali. Atau menjauhlah dari komputer setiap beberapa menit sekali. Tujuannya untuk mengistirahatkan mata Anda supaya tidak mudah lelah nantinya.
6. Bersihkan layar monitor. Debu bisa mengurangi ketajaman layar monitor yang menyebabkan mata bekerja lebih keras.
7. Kalau perlu gunakan kacamata khusus. Saat ini ada kacamata yang didesain khusus untuk para pekerja yang sering menggunakan komputer. Dengan kacamata itu, cahaya yang masuk ke dalam mata bisa diatur sedemikian rupa sehingga tak mudah bikin mata lelah.
 
Bagi Anda yang bekerja selalu menggunakan komputer, pastikan Anda tetap menjaga kesehatan mata. Jangan dipaksakan kalau mata Anda sudah menunjukkan gejala-gejala gangguan mata. Segera hubungi dokter kalau Anda masalah yang Anda alami makin serius.

Sumber : Vemale.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Seharian di Depan Komputer Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio