728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 16 November 2015

Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Obat Herbal

Kayuagung - Belakangan ini pamorkulit manggis sedang naik. Hal tersebut karena manfaat yang terkandung dalam kulit manggis memang sangat menakjubkan. Kandungan antioksidan yang tinggi sangat baik digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk diantaranya memerangi kolesterol dan anti kanker. Di samping itu, antioksidan xamthone yang ada pada kulit manggis sangat baik untuk meremajakan sel-sel tubuh.

Ada banyak ekstrak kulit manggis yang dijual saat ini. Namun kalau ingin merasakan jamu kulit manggis segar, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Rasanya memang agak pahit, jadi perlu sedikit kreatif dan kemauan dalam mengakalinya saat diminum. 
  1. Siapkan kulit manggis dari dua atau tiga buah kulit manggis.
  2. Kerok bagian dalam kulitnya (setelah buahnya di makan), kulit dalam berwarna ungu muda/kemerahan. Kerok dengan menggunakan sendok. Hindari mengerok bagian luar/ hitam atau getahnya karena rasanya sangat pahit.
  3. Rebus kulit yang telah dikerok tersebut bersama dengan tiga gelas air. Biarkan sampai tersisa satu gelas.
  4. Angkat rebusan dan biarkan dingin. Saring sari kulit manggis tersebut sebelum disimpan/diminum.
  5. Untuk meningkatkan manfaat dan mengurangi rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan madu.
Ada cara lain untuk mengolah kulit manggis, yaitu dengan cara dijus. Cara membuatnya tinggal masukkan kulit manggis yang telah dikerok bersama gula aren dan air. Blender sampai halus dan saring airnya, buang ampasnya.

Untuk pengobatan atau pencegahan penyakit, Anda bisa meminumnya 3-4 sendok makan sebanyak tiga kali sehari. Kandungan antioksidannya akan memelihara daya tahan tubuh dan membuat Anda sehat.
Semoga bermanfaat

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Obat Herbal Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio