728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 11 November 2015

Kenapa jam komputer selalu tepat meski bolak-balik dimatikan

Kayuagung - Setiap komputer atau laptop pasti memiliki penunjuk waktu. Kita juga sering melihat jam di komputer, bukan? Jam tersebut juga selalu menunjukkan waktu yang tepat, padahal kita pasti mematikan komputer ketika tidak lagi dibutuhkan. Nah, bagaimana caranya komputer terus menyimpan waktu yang tepat walaupun sudah dimatikan selama beberapa hari?

Komputer atau alat elektronik lainnya yang bisa menyimpan waktu, dilengkapi hardware yang dinamakan Real Time Clock (RTC). RTC berfungsi ketika komputer dimatikan untuk menjalankan waktu terus menerus.

RTC ini memiliki baterai sangat kecil (jenis lithium), yang membuat waktu bisa terus berjalan walaupun komputer dimatikan. Letak RTC ini ada di microchip yang ditemukan di motherboard komputer. Motherboard sendiri adalah papan yang ada di PC tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung.

Nah ketika komputer dihidupkan, jam menggunakan osilator kristal untuk menciptakan sinyal elektromagnetik atau getaran. Dengan getaran tersebut komputer dapat mengetahui waktu. Untuk saat ini, komputer juga banyak yang menggunakan waktu standar internasional, tetapi melalui internet.
Ketika komputer tidak terhubung ke internet, otomatis akan mengandalkan osilator kristal tersebut. Tetapi biasanya, komputer yang menggunakan internet untuk mengetahui waktu, hasil yang ditunjukkan tidak sebaik dengan jam tangan digital yang kita miliki.

Sumber : Google.com
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kenapa jam komputer selalu tepat meski bolak-balik dimatikan Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio