728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 16 November 2015

Manfaat Gizi Ketan Hitam

Kayuagung - Ketan hitam adalah salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan lezat. Pada zaman dulu, hanya orang-orang di pedesaan saja yang menggunakan ketan hitam untuk diolah menjadi makanan kudapan seperti bubur ketan hitam, wedang ketan hitam atau tape ketan hitam. Namun, saat ini,hampir semua orang di desa maupun kota telah banyak yang menggunakan si ketan hitam ini. Selain dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat, ternyata ketan hitam juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita.
1. Penambah darah
Ketan hitam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi (15,52 ppm) sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang terkena anemia ataupun wanita yang sedang menstruasi.

2. Obat tradisional
Pengobatan Cina tradisional banyak yang menggunakan ketan hitam sebagai kunci pokoknya. Bahkan ketan hitam juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes. Dengan kandungan karbohidrat yang cukup rendah dan kaya serat serta asam amino, menjadikan ketan hitam ini begitu bermanfaat bagi kesehatan kita.

3. Mencegah penuaan dini
Warna hitam pada ketan ini merupakan efek dari asam amino dan zat anti-oksidan yang terkandung didalamnya sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Membersihkan kolesterol
Mengkonsumsi ketan hitam (tanpa campuran santan) dipercaya dapat membersihkan kolesterol dalam darah.

5. Detoksifikasi
Ketan hitam mampu berfungsi sebagai detoksifikasi sehingga akan meringankan kinerja ginjal. Jika ginjal bekerja terlalu keras bisa mengakibatkan berbagai efek buruk seperti gagal ginjal. Dengan adanya bantuan ketan hitam, kinerja ginjal akan semakin terbantu.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaat Gizi Ketan Hitam Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio