728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 25 November 2015

Manfaat Sehat Dibalik Lembutnya Tahu

Kayuagung - Selain tempe, tahu menjadi makanan rakyat yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Rasanya yang lembut dan gurih menjadikan tahu memiliki banyak penggemar. Selain itu, tahu pun menjadi makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dengan mudah.

Sebagian orang berpikir bahwa tahu rendah akan kandungan gizi sebab tahu dibuat dari ampas kedelai. Padahal tahukah Anda bahwa tahu tinggi akan manfaat sehat. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

Mencegah obesitas
Karena tahu rendah akan kolesterol dan lemak, maka tahu menjadi makanan yang cocok bagi Anda yang sedang ingin diet. Tahu juga bisa mencegah obesitas secara efektif. Selain itu kandungan peptins di dalam tahu mampu membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh.

Mencegah diabetes tipe 2
Penelitian menunjukkan bahwa saat Anda rutin mengonsumsi tahu maka risiko diabetes Anda terutama diabetes tipe 2 akan turun sebab tahu mampu menurunkan kadar insulin.

Mencegah kanker
Kandungan flavonoid dan isoflavonoid dalam tahu dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu adanya genistein di dalamnya dapat menurunkan risiko pertumbuhan tumor terutama di prostat dan payudara.

Menguatkan jantung
Mengonsumsi tahu secara teratur dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. Hal ini disebabkan karena tahu dapat mengurangi kolesterol berbahaya dalam darah dan meningkatkan LDL atau kolesterol baik.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tahu adalah makanan sehat yang kaya akan vitamin, nutrisi, dan mineral yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit berbahaya.

Selain nutrisi di atas, tahu juga kaya akan protein, mineral, dan kalsium serta asam amino dan mikronutrien. Sehingga tahu akan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, mencegah anemia, dan mengurangi risiko osteoporosis.

Sumber : Merdeka.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaat Sehat Dibalik Lembutnya Tahu Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio