728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 17 November 2015

Memotong Sayur Ternyata Dapat Menularkan Banyak Bakteri

Kayuagung - Ketika memotong buah dan sayur, sering kali Anda malas untuk mencucinya ketika berganti jenis sayur dan buah yang dipotong. Walau memang pada buah dan sayur tersebut tidak terjadi perubahan rasa dan bau, tetapi penelitian terbaru menyatakan bahwa hal itu dapat menularkan bakteri.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian dari University of Georgia's College of Agriculture dan Enviromental Science menyatakan bahwa menggunakan pisau untuk memotong bahan makanan yang berbeda dapat membuat terjadinya persebaran bakteri. Selain itu perbedaan bahan makanan juga memiliki tingkatan kontaminasi yang berbeda-beda terhadap bahan lain.

Marilyn Erickson selaku peneliti menyatakan bahwa pengetahuan tentang persebaran bakteri pada pisau ini sangat penting diketahui semua orang karena banyak yang menggunakan pisau mereka untuk memotong dua bahan yang berbeda secara bergantian. Hal itu ternyata dapat menimbulkan persebaran bakteri dari satu bahan makanan kepada bahan lainnya. Dia juga menambahkan bahwa sebelum memotong bahan makanan yang lain sebaiknya cuci dulu pisau agar tidak terjadi perpindahan bakteri.

Bakteri yang paling banyak dikandung dalam bahan makanan adalah E.Coli dan Salmonella. Bahkan dalam jumlah kecil, bakteri E.Coli ini jika masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan diare, kram perut, muntah-muntah, dan deman. Beberapa sayuran seperti bayam dan selada merupakan sayuran yang paling banyak terinfeksi bakteri ini. Bakteri lain adalah Salmonella yang dapat menyebar melalui penggunaan alat masak. Bakteri ini dapat menyebabkan diare, demam, dan kram perut yang dapat terjadi antara 12 jam hingga satu minggu.

Sebaiknya ketika memotong buah dan sayur, sebaiknya cuci dulu sebelum memotong dan ketika berganti jenis buah dan sayur yang dipotong. Walaupun buah dan sayur yang Anda potong dari luar terlihat baik, tetapi terdapat potensi penularan dan pengembangan bakteri ketika pisau yang digunakan tidak dicuci. Usahakan juga agar tidak memotong bagian buah dan sayur yang terlihat membusuk atau buruk karena kemungkinan di situ terdapat bakteri. Jangan lupa juga untuk mengelap buah dan sayur tersebut hingga kering agar bakteri benar-benar hilang dari permukaan.


Sumber : vemale.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Memotong Sayur Ternyata Dapat Menularkan Banyak Bakteri Rating: 5 Reviewed By: Ellen Utamy