728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 13 November 2015

Mengenal jenis Jenis kecap

Kayuagung -
Kecap sering digunakan untuk penambah rasa pada makanan. Kecap yang umum dikenal adalah kecap manis dan kecap asin. Tapi, selain dua jenis kecap tersebut ternyata masih ada jenis-jenis kecap lainnya. 

 Kecap terhitung sering digunakan oleh orang Asia, termasuk kita yang tinggal di Indonesia. Sebab, faktanya memang beberapa tetes saja kecap dituangkan pada makanan, bisa langsung menimbulkan sensasi rasa yang berbeda pada makanan.
      Sebagai penambah rasa pada makanan, kecap sebenarnya ada banyak jenisnya. Bukan hanya kecap manis dan kecap asin seperti yang umum kita kenal. Nah, supaya lebih jelas, mari kita berkenalan dengan jenis-jenis kecap lainnya.


Kecap Manis

      Dibuat dari hasil fermentasi biji kedelai atau kedelai hitam, lalu dicampur aneka rempah, jadilah kecap yang kental, berwarna hitam, dan rasanya manis.

Kecap Asin

      Cara membuatnya hampir sama dengan kecap manis, hanya saja kecap asin dicampur garam yang lebih banyak. Tapi, selain dari kedelai hitam, beberapa kecap asin juga ada yang dibuat dari ikan laut. Warna kecap asin lebih terang (transparan) dibandingkan kecap manis dan lebih encer.

Kecap Inggris

      Kecap inggris (disebut juga worcestershire sauce atau worcester sauce) berbentuk cairan encer berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan aroma yang harum. Dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih, kecap inggris ini sering digunakan sebagai penyedap utama makanan berbahan dasar daging, juga digunakan untuk membuat ikan bakar.


Kecap Ikan

      Kecap ikan atau fish sauce dibuat dari fermentasi ikan atau cumi-cumi atau kerang atau udang, dengan garam. Keunikan kecap ikan adalah rasanya yang asin dan berbau ikan. Sebutan bagi kecap ikan berbeda hampir di setiap negara. Contoh, di Indonesia disebut petis dari udang, sementara di Vietnam disebut nuoc mam.

Kecap Jepang

      Lebih terkenal dengan sebutan shoyu, kecap jepang ini terdiri dari dua jenis: koikuchi yang berwarna pekat dan beraroma kuat, serta usukuchi yang berwarna lebih cerah dan beraroma lebih ringan. Dihasilkan dari fermentasi gandum, rasa kecap jepang agak mirip dengan kecap asin. Tapi, ada juga yang rasanya agak manis.


Kecap Jamur

      Sebenarnya kecap ini adalah kecap asin berbahan dasar kedelai hitam, yang ditambah dengan ekstrak jamur. Di negara-negara tetangga kecap ini sering disebut dark soy, karena biasanya memang berwarna sangat hitam. Malah ada juga yang dipasarkan dengan label superior dark.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal jenis Jenis kecap Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio