728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 11 November 2015

Nutrisi Alami untuk Ibu Menyusui

Kayuagung - ASI memiliki peran yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Berbagai masalah akan muncul ketika produksi ASI ibu tidak sesuai dengan kebutuhan anaknya. Agar produksi ASI lancar, ada sederet nutrisi alami untuk ibu menyusui yang bisa membantu.

 Begitu banyak susu formula dan berbagai ASI buatan yang kini dikembangkan oleh para peneliti dan telah diperkenalkan kepada masyarakat, tetap saja tidak bisa menggantikan ASI langsung yang diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya. Sebab, memberikan ASI langsung memberikan manfaat yang jauh lebih besar, dibandingkan susu formula dan ASI buatan.

      Selain mengurangi risiko kematian anak secara mendadak, ASI mengandung antibodi yang sudah ada dalam tubuh Ibu dan berfungsi sebagai pembentuk daya tahan tubuh bagi anak. Pemberian ASI langsung juga akan membangun ikatan khusus antara ibu dan anaknya. Sementara dari segi rasa, ASI memiliki rasa yang berbeda sesuai dengan makanan yang dikonsumsi ibu, sehingga mengurangi rasa bosan anak saat meminumnya.

      Namun, untuk bisa memberikan ASI langsung kepada anak bukannya tanpa masalah. Masalah terbesar yang biasanya muncul adalah ketika produksi ASI tidak berjalan sesuai kebutuhan anak. Tapi, kini ibu tidak usah khawatir lagi. Sederet nutrisi alami untuk ibu menyusui telah terbukti sangat membantu meningkatkan produksi ASI.

Bayam

      Sayuran hijau ini sangat bagus untuk ibu menyusui. Kandungan kalsium, zat besi, vitamin K, A, dan asam folat sangat baik untuk anak.  Bayam juga mengandung phytoestrogen, yang berperan membuat kualitas payudara menjadi lebih baik, saat ibu menyusui anaknya.

Sayuran Merah

      Wortel, ubi jalar, dan sayur bit memiliki kandungan beta-karoten. Ubi jalar dan bit juga mengandung zat besi yang tinggi. Jika ibu ingin mencoba variasi lainnya, bisa mengubah wortel menjadi jus karena berfungsi memberikan energi tambahan yang dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas ASI.

Kacang-kacangan

      Kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete juga mampu meningkatkan produksi ASI. Tapi, disarankan pada ibu yang sedang menyusui untuk tidak mengonsumsi kacang mentah karena kandungan mikotoksin, yang dapat membahayakan kesehatan anak. Mengubah kacang menjadi camilan menjadi alternatif yang bisa ibu coba.

Asparagus

      Sayuran ini kaya akan serat, asam folat, vitamin A, C, dan K. Selain itu asparagus juga mengandung tryptophan, yaitu asam amino esensial yang merangsang hormon menyusui untuk kemudian meningkatkan pasokan ASI pada payudara ibu.

Salmon
      Dalam Salmon terdapat kandungan asam lemak esensial (EFA) dan asam lemak Omega-3. Peran penting salmon bagi ibu yang sedang menyusui adalah membantu memproduksi hormon yang diperlukan untuk menambah dan menjaga kualitas ASI.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Nutrisi Alami untuk Ibu Menyusui Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio