728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 03 November 2015

OBMM Sulit BAB Minum KOpi Solusinya

KAYUAGUNG RADIO - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer bagi banyak orang. Selain merangsang otak agar tetap terjaga, kopi ternyata juga memiliki efek lain mungkin kurang Anda sadari. Kopi ternyata mendorong Anda untuk buang air besar setelah meminumnya.

Pada tahun 1990, jurnal gastroenterolog yang bernama Gut menjelaskan bahwa kopi mendorong munculnya respons gastrocolonic beberapa menit setelah dikonsumsi. Walaupun belum diketahui secara pasti penyebabnya dan terjadi pada beberapa orang, namun hal ini diperkirakan terjadi karena kandungan yang dimiliki oleh kopi.

Hal ini terjadi karena kopi membantu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi di perut dan berguna untuk meningkatkan aktivitas di usus besar. Area usus besar ini dekat dengan wilayah rektum sehingga meminum kopi dapat menyebabkan kondisi ingin buang air besar.

Sebelumnya telah banyak di ketahui bahwa meminum kopi juga dapat memberikan efek serupa dehidrasi. Dehidrasi cenderung untuk memicu konstipasi. Akan tetapi temuan mengenai kopi yang dapat memicu buang air besar ini tentu berlawanan dengan pendapat sebelumnya. Temuan penelitian pada tahun 2003 menyatakan bahwa efek buang air besar ini hanya terjadi pada mereka yang memang telah terbiasa meminum kopi sehingga timbul toleransi pada organ usus mereka.

Sumber : Merdeka.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: OBMM Sulit BAB Minum KOpi Solusinya Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio