728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 12 November 2015

Puskesmas Celikah Siap Melayani Pemeriksaan Kanker Leher Rahim atau IVA

Kayuagung - Puskesmas Celikah melayani pemeriksaan kanker leher rahim secara gratis. Program layanan kesehatan ini bertujuan ingin mengetahui secara dini, ada tidaknya kanker leher rahim pada pasien.

Ibu Susmiati.SKM selaku Kepala Puskesmas Celikah saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/11/15) menyampaikan bahwa pemeriksaan IVA, Puskesmas Celikah telah melaksanakan sejak dicanangkan oleh Pemerintah Pusat bulan April 2015.

Untuk Pelayanan pemeriksaan kanker leher rahim di Puskesmas Celikah bekerjasama dengan TP-PKK OKI dan Dinas Kesehatan Kabupaten OKI sedangkan pelaksanaannya seminggu dua kali, yaitu hari rabu dan kamis. Untuk pelayanan UGD Puskesmas Celikah buka 24 jam.

“Para pasien tidak perlu malu dan takut dengan pemeriksaan ini. Kegiatan ini memang betul-betul diperiksa organ intimnya oleh petugas yang terlatih. Selain itu, para pasien juga dimohon untuk tidak was-was atau khawatir jika ditemukan kemungkinan menderita penyakit kanker leher Rahim” tambah Ibu Susmiati.SKM.

Lebih lanjut Ibu Susmiati.SKM mengatakan, untuk masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan dapat membawa kartu identitas, Jamkesmas, BPJS dan Askes. Bagi masyarakat yang tidak atau belum memiliki Kartu Jamkesmas atau BPJS dapat membawa Kartu Keluarga (KK). Jadi Puskesmas Celikah menerima seluruh masyarakat OKI yang ingin memeriksakan secara cepat masalah deteksi dini kanker leher Rahim.
 
Menurut dr.Gustikawati Octavia pemeriksaan ada tidaknya penyakit kanker leher rahim, dilakukan dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Acetat). Jika pada pasien ditengarai kemungkinan mengidap kanker leher rahim, pasien harus melakukan pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit. Wanita yang sudah menikah atau sudah melakukan hubungan seks, perlu melakukan deteksi dini minimal sekali dalam 5 tahun.

Metode IVA ini dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemeriksaan dengan metode yang ada sebelumnya. Metode IVA ini dinilai efektif karena dapat diketahui hasilnya secara cepat, dan efisien.

Sejak bulan april hingga oktober Puskesmas Celikah telah melakukan pemeriksaan sebanyak 523 orang pasien yang tertangani, 32 orang di antaranya dinyatakan positif. Pasien yang positif telah dirujuk ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut.




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Puskesmas Celikah Siap Melayani Pemeriksaan Kanker Leher Rahim atau IVA Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio