728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 11 November 2015

Sejarah Fish & Chips

Kayuagung - Fish and chips hanyalah sebuah menu sederhana. Itu sebabnya, sejak awal pun merupakan menu kelas pekerja di negeri asalnya, Inggris. Tapi, rasa fish and chips yang gurih dan lezat telah berhasil memikat hati banyak orang. Hingga, banyak yang jadi penasaran tentang sejarah fish and chips.  

Sesuai namanya, fish and chips merupakan gabungan antara ikan dan kentang goreng. Ikannya tanpa tulang, dibalur adonan tepung, lantas digoreng. Sejarah fish and chips diperkirakan dimulai di Inggris pada tahun 1830-an. Kala itu, pengungsi Yahudi dari Portugal dan Spanyol lah yang memperkenalkan fish and chips pertama kali.

      Laut Utara yang sangat kaya akan ikan ditenggarai sebagai alasan munculnya menu ini. Ditunjang dengan perkembangan perkeretaapian yang demikian pesat di sana, sehingga ikan cepat bisa didistribusikan ke tempat-tempat padat penduduk, membuat penggemar fish and chips semakin hari semakin bertambah.

      Pada tahun 1860 ada sudah gerai fish and chips pertama di London. Pemiliknya Joseph Mlin. Gerai penjual fish and chips ini sangat sederhana, hanya dilengkapi wajan besar berisi minyak yang dipanaskan dengan bahan bakar batu bara. Karena termasuk menu sederhana, selama Perang Dunia II ikan dan kentang goreng merupakan salah satu dari beberapa makanan di Inggris yang tidak dikenakan penjatahan.

      Tahun-tahun berlalu, fish and chips tetap memiliki banyak penggemar. Hingga akhirnya tahun 1986 muncul beberapa fish and chips kelas resto. Tempatnya masih di Inggris. Pada abad ke-20 menu ini mulai diperluas dengan tambahan hidangan lain seperti daging dan variasi lainnya.

      Namun, ada pendapat lain yang dinyatakan oleh Dundee City Council mengenai gerai fish and chips pertama. Konon, imigran Belgia bernama Edward De Gernier-lah yang pertama kali membuka gerai fish and chips di Greenmarket City, pada tahun 1870. Tapi, sebenarnya perdebatan tentang siapa yang membuka gerai fish and chips pertama kali tidak terlalu penting. Yang penting justru melihat perkembangan fish and chips ke seluruh penjuru dunia, dan kehebatannya untuk tetap dicintai orang walaupun sudah melewati tahun-tahun yang panjang.

      Perkembangan yang terlihat antara lain dengan munculnya saus baru di Edinburgh yang sengaja diciptakan untuk menemani santapan fish and chips. Lalu, bagaimana dengan penyajian fish and chips di belahan dunia lainnya?

      Di Amerika Serikat, fish and chips disajikan bersama dengan coleslaw. Sementara di Kanada, fish and chips dihadirkan bersama saus tartar dan seiris jeruk lemon. Beda lagi dengan di New Zealan dan Australia. Di kedua negara ini para penjual fish and chips menaburkan garam di atas ikan dan kentang sebelum disajikan.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sejarah Fish & Chips Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio